Dermaga Kayu Arang Disulap Mahasiswa Unmuh Babel Jadi Ekowisata

Dermaga Kayu Arang Disulap Mahasiswa Unmuh Babel Jadi Ekowisata

Mahasiswa KKN Unmuh Babel di dermaga Kayu Arang Kelapa.--

BABELPOS.ID, KELAPA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) bersama pemuda Desa Kayu Arang melakukan terobosan dalam pengembangan Desa. Salah satunya dengan membangun ekowisata di lokasi dermaga lama Desa Kayu Arang, Kelapa Bangka Barat.

Sebelum membangun ekowisata di wilayah ini, pihaknya melakukan peninjauan terlebih dahulu. Sebagai Ketua Tim KKN Unmuh Babel, Andriyanata menilai gagasan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa Unmuh membangun Desa.

"Kita memilih pembangunan ekowisata dengan objek dermaga lama. Sesuai dengan peninjauan kita ada masalah yang kemudian dijadikan sebuah gagasan untuk melakukan sebuah pengembangan bagi Desa tersebut," urai Andri.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh Babel di Perlang Tawarkan Ini untuk Jernihkan Air

Menurut dia, dermaga yang sebelumnya menjadi ikon desa tersebut sudah lama tidak beroperasi sehingga kondisi dermagapun sangat memprihatinkan.

Hal ini senada dengan harapan dari Kepala Desa, Nelson Tambunan. Dia menilai meski dermaga ini tidak lagi beroperasi, ikon Desa ini tidak harusnya dilupakan. 

"Sesuai harapan Kepala Desa, gagasan ini dapat mengubah ikon desa menjadi sebuah tempat yang masih dapat dikunjungi meskipun beralih fungsi," urainya.

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian Unmuh Babel Dampingi Tata Kelola Kawasan Wisata Pantai Tanjung Ru

Untuk itu, mereka bersepakat untuk melakukan sebuah pembangunan ekowisata di dermaga tersebut. Dengan dukungan dari Kepala Desa dan bantuan dari para pemuda di Desa Kayu Arang. 

Gotong royong mulai dilakukan sejak Sabtu (28/1) lalu. Kegiatan gotong royong dilakukan dengan membersihkan dermaga lama dan proyek tersebut akan selesai pada tanggal 2 Februari.(*)

BACA JUGA:Tim KKN Unmuh Babel Ajari UMKM Kulur Ilir Buat Permen Madu Kelulut Bergizi Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: