Tim KKN Unmuh Babel Ajari UMKM Kulur Ilir Buat Permen Madu Kelulut Bergizi Tinggi

Tim KKN Unmuh Babel Ajari UMKM Kulur Ilir Buat Permen Madu Kelulut Bergizi Tinggi

Mahasiswa KKN Unmuh Babel mempraktekkan pembuatan permen madu kelulut.--

BABELPOS.ID, KOBA - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) mendampingi masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Kulur Ilir Bangka Tengah membuat permen madu Kelulut

Kegiatan yang dilaksanakan pada 25 Januari 2023 di Aula Pertemuan Kantor Desa Kulur Ilir Bangka Tengah ini ikuti 17 orang peserta, terdiri dari aparatur desa dan pelaku UMKM.

Suharni Ayu Pratiwi, Ketua Tim KKN Unmuh Babel di Desa Kulur Ilir Bangka Tengah, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk membantu mendampingi dan menyalurkan ide-ide kreatif dalam rangka mengembangkan potensi olahan produk makanan dan minuman khas desa di Desa Kulur Ilir agar meningkatkan kualitasnya, pengemasan hingga jangkauan pemasaran produk.

BACA JUGA:Pengabdian Terintegrasi KKN Unmuh Babel Bantu UMKM Kemplang Muntira Kulur Ilir

Ia menilai bahwa potensi yang bisa dikembangkan di Desa Kulur Ilir ini sebetulnya banyak, hanya saja mungkin selama ini belum termaksimalkan dengan baik. Padahal ini merupakan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan tambahan ekonomi keluarga sekaligus mempromosikan Desa Kulur Ilir agar semakin dikenal luas.

“Kami memberikan pendampingan dan konsep materi sosialisasi mengenai potensi produk unggulan Desa Kulur Ilir, yang salah satunya adalah madu kelulut. Produk satu ini selanjutnya dikreasikan menjadi produk permen madu kelulut,” sebut Suharni.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh buat Kerupuk dari Ikan Gelamo, Ternyata Enak! Peluang UMKM Nih..

Ia bersyukur karena masyarakat dan pelaku UMKM Desa Kulur Ilir antusias mengikuti sosialisasi dan dilanjutkan dengan demo pembuatan permen madu kelulut di bawah bimbingan para mahasiswa  KKN Unmuh Babel.

“Kami juga mendemokan bahwa, produk permen madu kelulut yang berhasil dibuat bersama para pelaku UMKM Desa Kulur Ilir ini, tidak saja enak dalam hal rasanya, tetapi juga mengandung gizi dan vitamin yang tinggi, sehingga sangat baik di konsumsi setiap hari oleh anak-anak maupun orang dewasa karena dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh,” jelas Suharni didampingi peserta KKN lainnya.

BACA JUGA:Ini Pesan Rektor UnMuh BaBel Pada Pelepasan Mahasiswa KKN Kedisinian

Ia berharap sosialisasi sekaligus praktek pembuatan produk permen madu kelulut ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan lebih kreatif dan inovatif oleh masyarakat dan pelaku UMKM di Desa Kulur Ilir, sehingga ke depan produk ini mampu menjadi salah satu produk unggulan khas Desa Kulur Ilir yang dapat dipasarkan secara lebih meluas di dalam maupun luar Bangka Belitung,” harap Ayu. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: