Mahasiswa KKN Unmuh buat Kerupuk dari Ikan Gelamo, Ternyata Enak! Peluang UMKM Nih..

Mahasiswa KKN Unmuh buat Kerupuk dari Ikan Gelamo, Ternyata Enak! Peluang UMKM Nih..

Mahasiswa KKN Unmuh Babel melatih masyarakat Tukak Sadai membuat kerupuk dari ikan glamo.--

BABELPOS.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kelompok 9 Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung (Babel) bersama pelaku UMKM di Desa Bukit Terap Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan berinisiatif menjadikan ikan gelamo sebagai olahan pangan menjadi kerupuk ikan yang enak.

Diakui warga setempat, Fera, bahwa hampir tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh warga Tukak Sadai untuk membuat kerupuk dari ikan gelamo. Oleh karena itu Anggota tim KKN UnMuh BaBel, Gusfia Natasya memiliki ide bersama rekan-rekannya untuk mengolah hasil laut mentah yakni ikan gelamo menjadi suatu olahan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

"Inisiatif ini diambil karena ikan gelamo mudah didapatkan, namun hanya dijadikan warga setempat sebagai lauk makan saja. Sangat jarang sekali diolah menjadi olahan pangan lain seperti kerupuk. Selama ini masyarakat desa Bukit Terap beranggapan bahwa ikan Gelamo tidak enak jika diolah menjadi kerupuk," ujarnya melalui siaran pers kepada Babel Pos, Selasa (31/1).

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh Gelar Pelatihan UMKM

Beranjak dari itu lah, mahasiswa KKN dibawah bimbingan DPL M Iqbal Arrosyad memiliki gagasan tersebut.

Bukan hanya untuk memenuhi tugas KKN semata, akan tetapi juga merupakan keinginan dari mahasiswa KKN dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa Bukit Terap.

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian Unmuh Gelar Senam Beta Maju Berbasis Imajinasi Kreatif di Batu Beriga

"Selain dikonsumsi oleh warga setempat, kerupuk ikan gelamo bisa juga dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi masyarakat luar daerah yang berkunjung ke desa Bukit Terap," tuturnya.

"Kami memilih untuk mengolah ikan menjadi kerupuk karena pembuatannya sangat mudah untuk dilakukan oleh masyarakat, karena diolah tanpa keahlian khusus. Dengan adanya kerupuk ikan gelamo menjadi produk baru yang ada di Desa Bukit Terap, kami berharap kerupuk ikan gelamo ini disukai masyarakat Desa Bukit Terap dan masyarakat luar yang berkunjung ke Desa Bukit Terap," ungkap Gusfia.(**)

BACA JUGA:Unmuh Babel Jalin Kerja Sama dengan UNIMAP Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: