Penyeberangan Bangka-Tanjung Api-api Masih Tertutup, Gelombang Selat Bangka Masih Tinggi

Penyeberangan Bangka-Tanjung Api-api Masih Tertutup, Gelombang Selat Bangka Masih Tinggi

--

Nakhoda Yakin, Ekspress Bahari Tetap Berlayar

AKTIFITAS pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat menuju Pelabuhan Tanjung Api - Api, Sumatera Selatan, belum dibuka, hingga Senin (30/1/23).

Sebelumnya, Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumsel Babel melayangkan surat penundaan pelayaran sementara di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, pada Minggu (29/1/23).

Dalam surat tersebut berisi, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 30 Tahun 2016 tentang Kewajiban Pengikatan Kendaraan Pada Kapal Angkutan Penyeberangan. 

Mengalir butir satu diatas, dikarenakan kondisi cuaca, maka pelayanan di Pelabuhan Tanjung Kalian untuk sementara dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Dari pantau babelpos.id, sejumlah penumpang beristirahat dengan membentang karpet diruang tunggu ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Sedangkan sejumlah mobil pribadi maupun truk telah memadati halaman parkir hingga bahu jalan.

Koordinator satuan pelayanan Pelabuhan Tanjung Kalian, BPTD wilayah 7 Provinsi Sumsel Babel, Wiratno membenarkan penyebrangan masih ditutup lantaran gelombang di Selat Bangka masih tinggi.

"Sementara ini hingga pukul 19.00 wib penyebrangan masih ditutup. Info dari BMKG gelombang masih tinggi hingga pukul,19.00 wib Senin 30 Januari 2023. Misal ada info lebih lanjut nanti dikabarkan," ungkapnya.

Dipaparkannya, tinggi gelombang dapat mencapai 1.25-2.50 meter di Teluk Lampung bagian Selatan dan Selat Bangka.

"Tinggi gelombang dapat mencapai 2.50-4.00 meter di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat, dan Samudera Hindia Barat Lampung," bebernya. 

Untuk itu, ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok membuka layanan refund (pengembalian tiket) dan reschedule (penjadwalan ulang tiket) bagi para calon penumpang.

Hal tersebut disampaikan, GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Christopher Samosir.

"Kita juga menyediakan layanan untuk refund tiket maupun bisa reschedule. Kalau 100 persen tergantung metode pembelian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: