PSC 119 Gawat Darurat Kesehatan Diresmikan, Markas Pelayanan Terbaik Masyarakat PGK

PSC 119 Gawat Darurat Kesehatan Diresmikan, Markas Pelayanan Terbaik Masyarakat PGK

Wako Molen didampingi Kadis Kesehatan meninjau Markas PSC 911 Kota Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meresmikan gedung Public Safety Centre (PSC) 119 Kota Pangkalpinang, Rabu (18/1) siang. PSC 119 ini akan menjadi markas kegiatan kegawatdaruratan bidang kesehatan di Kota Pangkalpinang. 

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengapresiasi Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim yang telah sukses melobi dana pusat untuk pembangunan gedung ini. Dia berharap PSC 119 dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat. 

"Ini pasti berguna untuk masyarakat menjadi kebanggaan untuk kita dan masyarakat sudah menunggu. Ini markas untuk memberikan pelayanan terbaik, selamat dan sukses," ungkap Wako Molen -sapaanya.

BACA JUGA:Eks Puskesmas Girimaya Disiapkan untuk Karantina

BACA JUGA:Gedung Baru Puskesmas Pasir Putih Resmi Beroperasi

Inovasi baru di bidang kesehatan ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tim PSC 119 siap menjemput mengantar dan mengobati.

"Silakan nanti untuk masyarakat kota Pangkalpinang menghubungi PSC 119. Bahkan ada aplikasi khusus yang bisa didownload yang bisa dishare dengan kawan-kawan semua," ujarnya.

Layanan ini tanpa dipungut biaya dan tim PSC 119 siap 24 jam untuk melayani masyarakat. Ada sebanyak 3 orang dokter, perawat, bidan dan sopir yang disiagakan di PSC 119.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim PSC 119 sudah berjalan memasuki tahun ketiga. Namun pusat belum mendata dan dianggap belum berkembang. Meski demikian, pihaknya berhasil mengambil anggaran pusat sebesar Rp250 juta untuk mendapat aplikasi PSC 119.

"Untuk membuktikan kita berkomitmen melalui Wali Kota kita bangun gedung sebagai markas PSC 119. Kami juga siapkan gedung belakang untuk tempat pelatihan kedaruratan. Menampung kejadian kesehatan, penampungan sementara rencana kami ke depan," jelas Hakim.

BACA JUGA:Puluhan Pelamar PPPK Tenaga Kesehatan Gugur Tahap Administrasi Karena Ini

BACA JUGA:Apresiasi Kajari Kawal Proyek RSUD DH, Dinas Kesehatan Kota Berikan Penghargaan

Tugas PSC sudah dilaksanakan selama dua tahun ini, pencegahan, penanggulangan, pengobatan terhadap masyarakat terdampak masalah kesehatan. Misalnya ada kecelakaan pihaknya siap mengevakuasi, kebakaran juga akan turun setiap ada potensi gangguan kesehatan pihaknya tetap akan turun. 

"Kita akan merangkul dan kerja sama seluruh rumah sakit, utamanya RSUD, kita juga akan MoU dengan RS swasta. Kerja sama juga dengan BPBD dan Dinas Sosial," tutupnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: