Rumah Pengasingan Soekarno Jadi Tempat Pembinaan dan Fasilitasi Kampung KB

Rumah Pengasingan Soekarno Jadi Tempat Pembinaan dan Fasilitasi Kampung KB

BKKBN Saat Pembinaan Kampung KB-BKKBN Babel-

MUNTOK - Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang telah dibentuk semenjak Tahun 2016 telah mengalami berbagai proses dalam tujuannya  meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam rangka meningkatkan pengelolaan Kampung KB diambil beberapa kebijakan, salah satunya yaitu perubahan nama Kampung Keluarga Berencana menjadi Kampung Keluarga Berkualitas melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 843.4/2879/SJ Tahun 2020 tentang Intensifikasi Kampung Keluarga Berkualitas. Perubahan ini dimaksudkan agar program Kampung KB dapat dirasa menjadi tanggung jawab bersama dan tidak hanya menjadi tanggung jawab BKKBN saja.

Selanjutnya kebijakan yang diambil terkait dengan optimalisasi Kampung KB ini adalah dengan diterbitkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia  No. 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pengelolaan Kampung KB pada tanggal 12 Juli 2022. Semangat dari Inpres tersebut adalah untuk mensinergikan program-program Kementerian dan Lembaga guna mensukseskan Program Kampung KB yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung KB.

 

Salah satu masalah yang dihadapi di kampung KB adalah masalah penurunan dan pencegahan stunting. Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, angka prevalensi stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 19,93% pada tahun 2019 menjadi 18,6 pada tahun 2021. Angka prevelansi stunting di Kabupaten Bangka Barat sebesar 23,5% menempati urutan tertinggi dari 7 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satu program di Kampung KB yang telah dilaksanakan untuk menangani stunting adalah DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) diharapkan melalui program ini masyarakat memiliki kesadaran dalam memberikan makanan bergizi bagi masyarakat, serta masyarakat memiliki keterampilan dalam pengolahan makanan. Oleh sebab itu, dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Kampung KB dan percepatan penurunan stunting, dilaksanakan kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB di Desa Air Putih Muntok, Kabupaten Bangka Barat yang diselenggarakan oleh Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Desa Air Putih, Muntok pada tahun 2021 diresmikan oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, SE sebagai desa wisata. Desa Air Putih terkenal dengan wisata pantai dan wisata dengan keindahan alam yang beraneka ragam seperti pantai Tanjung Ular yang memiliki pasir berwarna kekuningan dengan batu karang berwarna kemerahan dan Gunung Menumbing yang menjadi tempat pengasingan Ir.H Soekarno pada masa penjajahan Belanda.

Selain Pariwisata, Desa Air Putih ini terkenal dengan penghasil durian dan keranji. Masyarakat Desa Air Putih sebagian besar berasal dari etnis Melayu dan etnis Tionghoa yang hidup harmonis dengan semboyan "Thong Ngin Fan Ngin Jitjong" yang berarti orang Tionghoa dan orang Melayu adalah sama.

 

Kegiatan Pembinaan dan Fasilitasi Kampung KB dilaksanakan di Kantor Desa Air Putih pada hari Selasa, Tanggal 20 Desember 2022. Kegiatan dibuka dengan arahan oleh Koordinator Bidang Dalduk, Drs. Zulwardi Batubara dan sambutan oleh Kepala Desa (Kades) Air Putih, Sulaiman. Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengelolaan dan menguatkan komitmen serta mensinergikan program kerja di Kampung KB agar pengelolaan Kampung KB menjadi lebih optimal. Peserta kegiatan terdiri dari PKB/PLKB dan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BKKBN Babel yang telah menetapkan desa kami sebagai Kampung KB, kami mohon bimbingan dan arahan dilakukan secara terus menerus agar program Kampung KB di desa ini dapat berjalan dengan optimal, dan kami siap mendukung semua program yang ada di Kampung KB di desa kami” ujar Sulaiman dalam sambutannya.

Sementara itu Zulwardi Batu Bara dalam arahannya meminta kepada semua anggota Pokja dan PKB/PLKB berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan di Kampung KB Desa Air Putih. Dengan adanya Kampung KB ini diharapkan dapat memajukan wilayah dan meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat yang ada di Kampung KB. 

“Perwakilan BKKBN Babel bersama OPD KB Kabupaten Bangka Barat, akan terus menerus melakukan pembinaan demi memajukan masyarakat di Kampung KB Desa Air Putih. Pelaksanaan kegiatan di Kampung KB tidak hanya dilakukan oleh BKKBN saja tapi semua dinas berperan dan saling bersinergi untuk pengelolaan Kampung KB sehingga tercapai semua tujuan” ujar Drs. Zulwardi Batu Bara.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: