Dosen Unmuh Babel Diseminasi Produk Sport Science “Timing Gate System” Untuk Dukung Prestasi Olahraga Bateng

Dosen Unmuh Babel Diseminasi Produk Sport Science “Timing Gate System” Untuk Dukung Prestasi Olahraga Bateng

Tim Dosen Unmuh Babel menyerahkan alat sport science kepada Bupati Bateng Algafry Rahman.--

BABELPOS.ID, KOBA - Dosen Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Muhammad E.M Simbolon dan Dzihan Khimi Ayu Firdausi, M.Pd menyerahkan alat sport science Kepada Pemerintahan Bangka Tengah yang diterima langsung oleh Bupati Algafry Rahman, ST dan Ketua KONI Bangka Tengah Yasir.

Penyerahan produk hasil diseminasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Unmuh Babel ini  berlangsung di ruang pertemuan KONI Bangka Tengah sekaligus pembukaan acara Rakerda KONI, Kamis (15/12/2022).

BACA JUGA:Unmuh Babel Ajak Pelajar Bangka Barat Kuliah di Kampus Berkemajuan

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian Unmuh Gelar Senam Beta Maju Berbasis Imajinasi Kreatif di Batu Beriga

Ketua Pelaksana Muhammad E.M Simbolon menjelaskan, sebagai akademisi olahraga bertanggungjawab untuk menyebarluaskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan guna memajukan prestasi olahraga. Dalam hal ini dari Unmuh Babel menghasilkan produk sport science berupa “Timing Gate System” dapat dimanfaatkan dalam latihan maupun evaluasi fisik atlet.

“Produk ini diinisiasi untuk mengatasi permasalahan sulitnya mendapatkan teknologi tersebut di Indonesia khususnya di Bangka Belitung dan diperjualbelikan dengan harganya sangat tinggi. Dengan kolaborasi antara akademisi dan praktisi olahraga tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan gagasan technology sport science lainnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan penunjang prestasi olahraga di Bangka Belitung,” ujarnya.

Produk ini awalnya merupakan hasil penelitian dan dilanjutkan dengan pengabdian kepada masyarakat kepada mitra KONI Bangka Tengah melalui program kemitraan masyarakat yang didanai oleh Kemdikbud Ristek Dikti tahun 2022.

BACA JUGA:Mahasiswi Unmuh Babel Juarai POMNAS & Belitung Trail Run

BACA JUGA:Dosen Unmuh Babel Dampingi Pelatih Bateng Manfaatkan Teknologi Demi Prestasi Olahraga

Produk Timing gate system memanfaatkan laser sebagai sensor utama dalam memberikan sinyal dalam prosesnya. Produk ini diharapkan dapat menunjang prestasi olahraga dalam melakukan program latihan maupun evaluasi dan membantu praktisi olahraga mempermudah dalam latihan dan evaluasi dalam memamfaatkan teknologi sport science.

Dosen Prodi PJKR Unmuh Babel Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd menyatakan bahwa produk hasil penelitian ini telah berhasil dalam uji coba laboratorium dan uji coba pemakaian secara ilmiah serta di terbitkan dalam artikel ilmiah serta layak digunakan langsung oleh praktisi Olahraga dalam proses latihan maupun tes fisik atlet, ini membuktikan bahwa sdm Bangka Belitung dapat mengimbangi dan mengikuti perkembangan teknologi sport science seperti halnya di provinsi besar lainnya sehingga tidak menutup kemungkinan Bangka Belitung dapat bersaing dalam prestasi olahraga.

“Produk pemanfaatan teknologi dalam olahraga ini merupakan bukan satu-satunya yang dikembangkan oleh dosen Unmuh Babel yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi olahraga. Dengan adanya kolaborasi dan kemitraan antara akademisi dan praktisi olahraga menjadi kolaborasi yang apik untuk meningkatkan prestasi atlet secra maksimal dan  berkelanjutan," tambah Dzihan.

BACA JUGA:105 Mahasiswa FKIP Unmuh Babel Ikuti Yudisium Angkatan VI

BACA JUGA:Lewat PKM, Prodi PMTK dan PBI Unmuh Babel Ajak Siswa Kreatif Buat Parfum Bernilai Ekonomis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: