Dosen Unmuh Babel Dampingi Pelatih Bateng Manfaatkan Teknologi Demi Prestasi Olahraga

Dosen Unmuh Babel Dampingi Pelatih Bateng Manfaatkan Teknologi Demi Prestasi Olahraga

Tim Unmuh Babel dampingi Pelatih Olahraga Pelatda Bateng menggunakan teknologi sport.--

BABELPOS.ID, KOBA - Dosen Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiah Bangka Belitung (Unmuh Babel) dan sejumlah mahasiswanya melakukan pendampingan dan penerapan teknologi pengukuran sport performance bagi pelatih cabang olahraga unggulan di Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini berlangsung di ruang pertemuan KONI Bangka Tengah yang dihadiri oleh 30 peserta pelatih Pelatda Porprov dan Tim Pelatda KONI Bangka Tengah, Rabu (10/11/2022).

BACA JUGA:105 Mahasiswa FKIP Unmuh Babel Ikuti Yudisium Angkatan VI

Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kepada masyarakat, Muhammad E.M Simbolon, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian akademisi Unmuh Babel dalam mentransfer ilmu pengetahuan sekaligus menjadi motivasi guna mengingkatkan prestasi olahraga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka tengah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dibiayai oleh Kemendikbud Ristek dan bekerja sama mitra yakni Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Tengah.

“Pendampingan yang kita lakukan adalah dengan menggunakan penerapan technologi pengukuran sport performance. Dan ini telah dilaksanakan sejak bulan Juli tahun 2022 yang diawali dengan pelaksanaan tes parameter atlet Pelatda Bangka Tengah yang dalam rangka evaluasi performa olahraga atlet Bangka Tengah,” ujar Eka Simbolon.

BACA JUGA:Lewat PKM, Prodi PMTK dan PBI Unmuh Babel Ajak Siswa Kreatif Buat Parfum Bernilai Ekonomis

Selain itu, Tim dosen yang terdiri dari dosen PJKR, Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd, dosen Ilmu Komputer (Ilkom) Eka Altarika, S. Kom, M.Eng, melakukan pendampingan pelatih Pelatda sekaligus menyerahkan produk tekhnologi pengukuran olahraga hasil pengembangan penelitian olahraga dari tim pengabdian dosen kepada KONI Bangka Tengah.

Eka Simbolon menerangkan bahwa materi pendampingan yang diberikan yaitu, mengenai tata cara pelaksanaan pengukuran performa atlet dengan pendekatan technologi sport science, penggunaan technologi pengukuran, analisis serta tindak lanjut dari hasil evaluasi menentukan program latihan. 

BACA JUGA:TPD PMTK dan PGSD Unmuh Babel Latih Guru SD dan SMP Muhammadiyah Sungailiat

Sementara itu, Dzihan Khilmi Ayu Fidausi, M.Pd selaku narasumber sekaligus tim pengabdian mengatakan, di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan technologi yang sangat pesat, maka pelatih juga harus berinisiatif sering mengupdate pengetahuan dan mengikuti perkembangan IPTEK.

”Makanya kita berharap agar kegiatan ini berdampak positif bagi peningkatan prestasi olahraga di Bangka Tengah dan ilmu yang telah kita berikan juga dapat diterapkan oleh pelatih di daerah,” harap Dzihan. 

BACA JUGA:PGSD Unmuh Babel Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat di PAUD Azizah Pangkalpinang

Ketua KONI Bangka Tengah Yasir mengapresisi dan siap mendukung langkah Tim Pengabdian Masyarakat Unmuh Babel. Ia optimis kemitaan KONI Bangka Tengah dan akademisi Unmuh Babel, akan sangat membantu meningkatkan prestasi olahraga di Bangka Tengah semakin maju.

Ustadzilah Al Kahfi, S.Pd., AIFO-P, selaku Perwakilan Tim Pelatda Porprov Bangka Tengah, berharap kerjasama ini akan mampu memberikan peningkatan kualitas olahraga di Bangka Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: