Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke 77, Wakapolres Pangkalpinang Minta Personel Hidupkan Kembali Semangat Perjuang

Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke 77, Wakapolres Pangkalpinang Minta Personel Hidupkan Kembali Semangat Perjuang

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Polres Pangkalpinang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 77 Tahun 2022, Kamis (10/11/2022). 

Upacara yang berlangsung di halaman Mapolres Pangkalpinang ini dipimpin Waka Polres Pangkalpinang, Kompol Poltak S. T. Purba S.IK. Upacara iawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Wakapolres KOMPOL Poltak yang diikuti seluruh peserta upacara.

BACA JUGA: Edar Sabu, Dua Oknum Honorer Satpol PP Pangkalpinang Diringkus Tim Kalong

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan pesan-pesan pahlawan nasional. 

Dalam amanatnya, Wakapolres menyampaikan bahwa Hari Pahlawan diperingati setiap tahun. Karena itu, dirinya mengajak seluruh personel untuk kembali merenungkan peringatan tersebut dengan sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ujar Wakapolres. 

BACA JUGA: Sidang Timah Balok 8,873 Ton, Istri Erwin Nyusul

Apalagi saat ini, kata Wakapolres, Bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang cukup besar seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

"Kiiranya ancaman dan tantangan ini perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” pintanya. 

Lanjutnya, teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya juga menjadi semangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini sesuai temanya "Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

BACA JUGA: Ali Fikri: Banyak Korupsi Sektor Pertambangan, KPK: Bentuk Satgas

“Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Slogan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya. 

Dalam kesempatan ini, perwira melati satu ini mengajak seluruh personel untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan serta upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

“Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Para pahlawan yang telah gugur akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," tutup Wakapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: