3 dari 10 Anak Mengalami Anemia, Pemkab Bangka Canangkan Gerakan Aksi Bergizi di SMA Setia Budi

3 dari 10 Anak Mengalami Anemia, Pemkab Bangka Canangkan Gerakan Aksi Bergizi di SMA Setia Budi

Wabup Syahbudin menyerahkan penghargaan Gerakan Aksi Bergizi. --

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT- Pemerintah Kabupaten Bangka melaksanakan Gerakan Aksi Bergizi Nasional tahun 2022 serentak di sekolah tingkat SMP dan SMA se Kabupaten Bangka yang dipusatkan di SMA Setia Budi Sungailiat.

Hadir mengikuti kegiatan ini Wakil Bupati Bangka Syahbudi SIP M.Tr IP, Kepala Dinas Kesehatan, dr Then Suyanti, MM, Kepala Sekolah SMA Setia Budi Sungailiat, Wandi Wardoyo S.Pd serta para Kepala Puskesmas di Kabupaten Bangka dan para siswa SMA Setia Budi Sungailiat.

BACA JUGA:Puan Terus Perjuangkan RUU KIA, Agar Gizi Ibu dan Anak Lebih Terjamin

Kegiatan dimulai dengan senam Bedincak bersama, yang dilanjutkan dengan menikmati menu sehat bersama serta minum vitamin.

Wabup Syahbudin mengatakan, anemia bisa dialami semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

BACA JUGA:Wabup Syahbudin Tutup PTQ RRI ke 52 Tahun 2022

Berdasarkan hasil Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa sekitar 3 dari 10 anak mengalami anemia.

Masih tingginya kasus anemia itu, erat kaitan dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) khususnya pada remaja dan ibu hamil.

"Mengingat masih rendahnya kepatuhan konsumsi TTD pada remaja tersebut, yang menjadi dasar kegiatan Aksi Bergizi Nasional 2022," ujar Syahbudin.

BACA JUGA:Politisi Golkar Bangka Soroti Soal DBD, Minta Pemda Lakukan Hal Ini!

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti, MM, mengatakan Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Hal ini dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari balita, remaja, ibu hamil dan lansia.

"Tujuan khusus kegiatan ini, terkait masih rendahnya konsumsi tablet tambahan darah pada remaja putri. Ini juga bagian dari edukasi gizi yang bersifat multisektor dengan maksud mempromosikan asupan makanan yang sehat dan aktivitas fisik," jelasnya.

BACA JUGA:Bupati dan Wabup Bangka Ikut Pawai Indah HUT RI

Selain itu, program aksi bergizi diimplentasikan dalam mewujudkan sekolah, madrasah sehat melalui Trias UKS yaitu, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: