Polres Pangkalpinang Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas

Polres Pangkalpinang Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono- FOTO: Ilust babelpos.id-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Polres Pangkalpinang hingga saat ini terus berupaya meningkatkan fungsi kepolisian di tengah masyarakat. Salah satunya, melalui peran bhabinkamtibmas

Menurut Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono, saat ini peran bhabinkamtibmas perlu dioptimalkan guna meningkatkan situasi kamtibmas yang kondusif. 

BACA JUGA: Koperasi Produsen Samudera Bakit Budidayakan Udang Vaname dari Bantuan CSR PT Timah Tbk

Untuk itu, dia berharap para Bhabinkamtibmas harus ada dan selalu hadir dalam setiap kegiatan warga di wilayah binaannya. 

BACA JUGA: Nelayan Suak Gual Bahagia Gunakan Perahu Listrik, Bisa Lebih Hemat Biaya Operasional

"Seorang bhabinkamtibmas harus sering berinteraksi, dengan menanyakan apa yang menjadi permasalahan masyarakat, selanjutnya sebagai Bhabinkamtibmas harus turut serta untuk mencarikan solusinya. Dasari dalam melaksnakan tugas penuh keikhlasan, tanggung jawab serta rasa syukur atas nikmat sehat dan kesempatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa," ujar Kapolres kepada Babel Pos, Senin (26/9/2022). 

BACA JUGA: Libatkan Awak Media, Bawaslu Babar Sosialisasikan Cegah Pelanggaran Pemilu

Selaku pimpinan, Kapolres  mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh bhabinkamtibmas atas partisipasi, kinerjanya, keikhlasan, dedikasi dalam membantu masyarakat, terlebih dalam mendukung penanganan pandemi covid-19.

BACA JUGA: Antisipasi Terjadinya 3C, Personel Sat Samapta Polres Pangkalpinang Gencarkan Patroli Siang dan Malam

"Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak, etalase dan kebanggaan Polri sebagai garda terdepan yang harus mampu mengantisipasi segala permasalahan yang ada di wilayah, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga usai,” tutur Kapolres. 

Karena itu, Kapolres berharap Bhabinkamtibmas agar terus besinergi dan berkolaborasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, kelompok masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. 

Sebab menurut Kapolres, upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban harus dilakukan secara terpadu di semua unsur termasuk peran aktif masyarakat, yang mana penguatan sinergitas antar lembaga dengan semua komponen masyarakat harus tetap terjaga dalam menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis dan berkesinambungan yang akan bermuara terhadap terciptannya kamtibmas yang kondusif.

"Memang saat ini wilayah hukum Polres Pangkalpinang relatif cukup aman dan kondusif dan ini harus kita jaga bersama, untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat agar dapat bersatu menjaga keamanan lingkungan dan segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui adanya ancaman pelanggaran hukum, sehingga potensi potensi gangguan kamtibmas dapat ditanggulangi sedini mungkin," tandas Kapolres.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: