Atasi Inflasi Pangan, Pemkab Bateng Panen dan Semai Bawang Merah Bareng PJ Gubenur Babel

Atasi Inflasi Pangan, Pemkab Bateng Panen dan Semai Bawang Merah Bareng PJ Gubenur Babel

--

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar acara panen bawang merah, persemaian bawang merah, penyerahan simbolis instore dryer dan demonstrasi pasca panen bawang merah di Kelompok Tani Tumbuh Berhasil, Kelurahan Simpang Perlang, Kecamatan Koba yang turut dihadiri PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (26/8/2022).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan berdasarkan data BPS, indeks harga konsumen pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,64% meningkat dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya tercatat sebesar 0,61%, yang disebabkan oleh inflasi kelompok pangan bergejolak salah satunya Cabai Merah dan Bawang Merah.

"Permasalahan inflasi ini menjadi perhatian Presiden RI, sehingga upaya bersama perlu diperkuat untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, maka Pemkab Bateng dan Bank Indonesia turut serta mensukseskan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan melalui program pengendalian inflasi," tuturnya.

Ia turut menyampaikan, kesuksesan klaster Cabai Merah di Bangka Tengah diikuti dengan pelaksanaan kegiatan klaster bawang merah yang dimulai pada tahun 2020 di 7 kelompok tani.

"Kita sangat bersyukur karena Kabupaten Bangka Tengah sebagai satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung yang ditetapkan sebagai kawasan pertanian nasional untuk Cabai Merah dan Bawang Merah yang mana pengembangan tanaman bawang merah di Bangka Tengah seluas 15 hektar terdiri dari 10 hektar sumber dana APBN dan dana APBD Kabupaten Bangka Tengah seluas 5 hektar," terangnya.

"Semoga kegiatan produktivitas cabai merah dan bawang merah di Bangka Tengah bisa semakin baik dan unggul," harapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: