Ini Kronologi Pembunuhan warga Belitung di Purworejo

Ini Kronologi Pembunuhan warga Belitung di Purworejo

Konferensi Pers pengungkapan kasus menonjol di Mapolda Jawa Tengah-FOTO: ist-

Pada saat buang air kecil, tersangka sempat mengambil batu. Lalu disimpan di bawah tas korban yang berada di pijakan kaki depan sepeda motornya.

Perjalanan kedua kembali dilanjutkan. Setiba di Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi, Purworejo Korban terasa ingin kencing. Kemudian ia masuk ke jalan desa yang berada di tengah perkebunan.

Sekembalinya buang air kecil, Bustami menaiki motor Budi. Setelah korban naik, pelaku tiba-tiba menendang sepeda motor miliknya.

Pada saat Korban terjatuh, pelaku Budi mengambil batu yang disimpan lalu memukulkan di bagian kepala belakang Bustami.

Lantas, pelaku mengambil linggis dan kunci ingris yang berada di dalam jok motor.  Lalu pelaku memukul kepala korban menggunakan kunci ingris sebanyak 1 kali.

Namun kunci ingris tersebut terlepas dari tangan tersangka sampai terpental. Kemudian Budi mengayunkan linggis arah kepala Bustami sebanyak 6 kali.

Tak puas, pelaku Budi menusukan lagi linggis ke dada dan perut Bustami, sampai korban bersimbah darah dan tidak bergerak lagi.

"Setelah itu tersangka mengambil HP, tas, topi milik korban, kemudian meninggalkan Bustami dengan keadaan bersimbah darah," terang AKP Ryan.

Usai meninggalkan korban di tengah jalan, pelaku membuang barang bukti tersebut. Sedangkan handphone milik korban dia jual dengan harga Rp 1,2 juta. Uang itu digunakan untuk membayar hutang.

"Dalam kasus ini sudah ditetapkan tersangka dijerat dengan tiga pasal sekaligus. Yakni Pasal 338 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Pembunuhan," ujarnya.

Selain itu, tersangka Budi juga dijerat dengan Pasal 351 Ayat 3 KUHP Tentang Penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

"Dan juga Pasal Pasal 365 KUHP Tentang Pencurian yang menyebabkan korban meninggal dunia. Ancaman hukumannya 15 tahun penjara," pungkas AKP Ryan.

Artikel ini telah tayang di belitongekspres.disway.id dengan judul: "Kronologi Pembunuhan warga Belitung, Hingga Rekan Bisnis Sakit Hati Ditagih Hutang", https://belitongekspres.disway.id/read/640676/kronologi-pembunuhan-warga-belitung-hingga-rekan-bisnis-sakit-hati-ditagih-hutang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: