Sosialisasi Kelolah Sampah, Mulkan Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Sosialisasi Kelolah Sampah, Mulkan Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT- Bupati Bangka Mulkan SH MH membuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah dalam Melakukan Pengurangan Sampah, Pembatasan, Pendaur Ulang dan Pemanfaatan Kembali, di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Rabu (3/8/2022).

Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ir Meina Lina; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna serta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka, Para Kepala Desa, Kelurahan dan Camat Se Kabupaten Bangka. 

Bupati mengatakan Pemkab Bangka sudah melakukan langkah-langkah terhadap pengolahan sampah. Yakni Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di Kelurahan Kenanga. Selian itu juga sudah dibentuk TPS3R yang ada di tiga kecamatan di daerah ini.

"Sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Bangka untuk mengurangi keberadaan sampah yang ada di daerah kita ini. Dan untuk itu  kami mengundang para kepala desa, kelurahan dan camat agar diberikan pemahaman terhadap pengolahan sampah di masing-masing,” ujar Bupati. 

Bupati juga memberi pesan kepada seluruh stakeholder dan masyarakat melalui kepala lingkungan dan kepala dusun untuk mengurangi sampah melalui pemilahan sampah dari rumah. Selain itu juga membentuk bank sampah di setiap desa atau kelurahan di Kabupaten Bangka, serta memperkuat peran pemerintah dalam pengelolaan sampah yang komperehensif untuk memperkuat aksi nyata dalam pengurangan sampah. 

"Mari kita semua peduli untuk berperan serta menangani permasalahan sampah di daerah kita masing-masing,” imbau Mulkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ir Meina Lina, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan mengajak masyarakat di Kabupaten Bangka turut serta dan berperan aktif dalam mengelola sampah di Lingkunganya masing-masing.

Sosialisasi pengelolaan sampah ini bertujuan mengajak masyarakat berperan aktif dalam mengelola sampah.

"Sengaja kita mengikutsertakan para camat, lurah dan kades pada kegiatan sosialisasi ini, agar nantinya dapat mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing berperan aktif mengurangi jumlah sampah dengan cara dikelolah sebaik mungkin nantinya,” kata Meina Lina.(dee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: