Edukasi Inovasi TTG, Dinsos PMD Natak ke MAN IC

Edukasi Inovasi TTG, Dinsos PMD Natak ke MAN IC

NAMANG - Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah tampak antusias mengikuti Edukasi Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Bangka Belitung (Babel), Jumat (29/7).

TTG sendiri merupakan program Natak Sekolah Dinsos PMD serta komitmen di bidang pendidikan guna memacu siswa agar berinovasi dan berkarya. Edukasi ini berlangsung di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu  MAN IC Namang.

Hadir dalam kegiatan ini Sub Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna Dinsos PMD Babel Machdalena, didampingi Debby Mutiara Sianturi selaku Analis Pengembangan Ekonomi Pedesaan serta Wakil Kepala MAN Bidang Kesiswaan MAN IC Bateng Ust Dodi Saputra.

Kabid Kelembagaan, Kerjasama, Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Dinsos PMD Babel, Nurul Huda  memaparkan tentang materi Teknologi Tepat Guna.

"Kegiatan ini kami selenggarakan untuk menumbuhkan inovasi TTG di kalangan pelajar. Insya Allah, tahun depan Pemerintah Provinsi Babel akan melaksanakan Lomba TTG tingkat Pelajar dan Masyarakat Umum," paparnya.

Wakil Kepala MAN Kesiswaan, Dodi Saputra menyambut baik kegiatan ini. Pihaknya mengapresiasi atas edukasi tentang TTG yang dilakukan oleh Dinsos PMD Babel.

Diakui Dodi, di MAN IC sendiri selain sekolah formal kami juga telah mengembangkan riset antara lain karya ilmiah, sejalan dengan program TTG Dinsos PMD Babel. "Jadi menurut kami ini sudah sejalan dengan program sekolah kami," ungkapnya.

Ia juga mengaku, dari sekolah akan mempersiapkan siswa berikut karya untuk berpartisapasi dalam perlombaan TTG nanti. "Kami akan menggali potensi siswa terkait TTG salah satunya melalui karya tulis berupa makalah. Akan kita nilai mana yang akan dipilih sesuai teknologi apa yang akan sangat bermanfaat untuk masyarakat sekarang ini," jelas Dodi. 

Sebelumnya, tampak 180 siswa antusias mengikuti sosialisasi terkait TTG ini hingga aktif untuk bertanya kepada narasumber daei Dinsos PMD Babel. Para siswa juga berharap lomba TTG tingkat pelajar dan masyarakat dapat terlaksana di tahun depan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: