Capai Kinerja Baik, Dinsos PMD Babel Terima Banyak Penghargaan

Capai Kinerja Baik, Dinsos PMD Babel Terima Banyak Penghargaan

Kepala Dinsos Babel beserta jajaran saat menerima salah satu penghargaan.--(Julian)

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Bangka Belitung (Babel) mengakhiri kinerja di tahun 2023 dengan banyak menerima anugerah penghargaan.

Ada 9 penghargaan yang diterima baik dari internal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel maupun lenghargaan eksternal dari instansi non pemerintahan. Diantaranya raihan peringkat ke-7 dalam Penilaian Raport Kinerja Perangkat Daerah (PD) tahun 2023 dengan nilai 78,63, setelah pada awalnya sempat berada di peringkat-27 pada tahun 2021.

“Untuk penghargaan pertama di tahun 2023 diterima pada tanggal 22 Juni yaitu Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2022 dari Inspektorat Daerah Babel dengan nilai 80,01 dengan predikat 'A',” jelas Kepala Dinsos PMD Babel, Budi Utama, Kamis (11/1).

BACA JUGA:Dinsos PMD Pastikan Sosialisasi Sudah Maksimal dan Berjenjang

BACA JUGA:Dinsos Babel Tempuh Jalur Persuasif Tangani Lansia Terlantar, Keluarga Tempat Utama

Tak hanya itu, lanjut Budi, akhir tahun 2023, rentetan penghargaan juga diterima oleh Purna Praja kelahiran Bangka Selatan tersebut, diawali di bulan September, Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang memberikan Penghargaan kepada Dinsos PMD Babel sbagai Instansi/Kelompok Donor Penyelenggara Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah. Dua kali dalam satu tahun selama 2022.

Kemudian peringkat I, dengan kategori “BB" (sangat baik) dalam Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 Pemprov Babel. Berselang sebulan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kepmenpan RB) Nomor 795 Tahun 2023, Budi kembali mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik" Tahun 2023. (Dinas Sosial Indeks 4,27 Kategori A-) berdasarkan Hasil Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2023,” sambungnya lagi.

BACA JUGA:Dinsos PMD Siap Modal Usaha Bagi Masyarakat Desa Kurang Mampu

BACA JUGA:Kadinsos PMD Babel Dampingi Pj Gubernur Terima Upakarya Wanua Nugraha dari Kemendagri

Tinta emas juga tertuangkan dalam Penghargaan di bidang pelayanan publik. Dikatakan Budi, Dinas Sosial dan PMD menerima Hasil Penilaian Survey Kepatuhan Ombudsman 2023 dengan nilai 94,62 “zona hijau, kualitas tertinggi” setelah pada tahun sebelumnya berada di “zona kuning” dengan nilai nilai 62,93. Penilaian Hasil Survery Kepatuhan Ombudsman berada di peringkat pertama dari lima Perangkat Daerah yang dinilai Ombudsman.

Selain itu, Predikat Informatif Terbaik 3 juga diraih oleh Dinas Sosial dan PMD sebagai (Kategori Badan Publik OPD Provinsi) pada pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 se-Babel yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi.

Tak hanya itu, Inspektorat Daerah Babel turut menghadiahkan penghargaan Juara 2 kepada DinsosPMD sebagai Perangkat daerah dengan tingkat penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan tercepat pada gelar pengawasan daerah tahun 2023.

BACA JUGA:Dinsos PMD Babel Gelar Lomba HUT RI ke-77

BACA JUGA:Edukasi Inovasi TTG, Dinsos PMD Natak ke MAN IC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: