Dinsos PMD Pastikan Sosialisasi Sudah Maksimal dan Berjenjang

Dinsos PMD Pastikan Sosialisasi Sudah Maksimal dan Berjenjang

Budi Utama--Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) memastikan sosialisasi segala bentuk pogram sosial sudah maksimal dijalankan.

Kepala Dinsos PMD Babel Budi Utama menuturkan, sosialisasi dilaksanakan pihaknya dimulai berjenjang di ranah pemerintahan baik kabupaten/kota hingga Pemerintah Desa (Pemdes), maupun turun langsung ke desa/kelurahan.

"Kami sudah kerja semaksimal mungkin turun ke lapangan dalam memberikan sosialisasi kepada pemerintah daerah baik kabupaten/kota sampai ke desa, dimana segala bentuk bantuan yang kami berikan sepenuhnya sudah dimengerti dan diketahui oleh teman-teman dari kabupaten/kota," jelasnya, Senin (16/1).

BACA JUGA:Dinsos Babel Tempuh Jalur Persuasif Tangani Lansia Terlantar, Keluarga Tempat Utama

BACA JUGA:Usaha Kaling dan Dinsos Bangka, Anak asal Nangnung yang Viral Kini Bersekolah

Kenapa berjenjang? menurut Budi, dalam hal pemberian bantuan sosial ini tentunya dibutuhkan bantuan penuh Dinsos kabupaten/kota yang memiliki wilayah yang selama ini sudah dikordinasikan secara berjenjang dalam mekanisme rekomendasi bantuan sosial tersebut.

"Dan ini dibuktikan melaui jumlah proposal yang masuk kepada kami, baik direkomendasikan melalui Dinsos Kabupaten/kota maupun diajukan langsung ke kami di Dinsos PMD provinsi," sebutnya.

Hanya diakui dia, berdasarkan data pihaknya, memang Kabupaten Belitung masih kurang aktif dalam merekomendasikan bansos ke Dinsos PMD Babel. 

"Segala bentuk informasi mengenai program dalam memberikan bansos tersebar luas di berbagai medsos seperti Whatsapp Group Kepala Desa, Pekerja Sosial Masyarakat, BPD, Pendamping Program keluarga Harapan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Group Sosial yang berisikan Kepala Dinas Sosial, Kepala Bidang, Subkoor yang ada di Babel," tuturnya.

"Diskominfo Babel sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang memberikan informasi Pemerintah Daerah juga aktif menginformasikan, serta Facebook yang sepenuhnya dibaantu promosikan oleh pegawai Dinsos PMD Babel," ujarnya lagi.

BACA JUGA:Anak Dibawah Umur Melempar Pengguna Jalan, Dinsos Bangka Beri Imbauan Ini

BACA JUGA:Dinsospemdes Babar Belum Terima Surat Pengunduran dari Kades Nyaleg

Lebih lanjut, ia sampaikan, Dinsos PMD Babel memiliki beberapa program di 2023 yang telah diamanatkan Undang Undang antara lain Rehabilitasi Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan Sosial dan perlindungan sosial. Ada program dalam memberikan bantuan sosial seperti Program Rumah Tidak Layak Huni, Kewirausahaan, Usaha Ekonomi Produktif dan Bantuan Sosial Kelompok Masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: