Berhenti Merokok, Ini 7 Perubahan Positif Tubuh Kamu

Jumat 31-05-2024,08:06 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

Merokok menumpulkan indra perasa dan penciuman. Dalam beberapa hari setelah berhenti, Anda mungkin memperhatikan bahwa makanan terasa lebih enak dan baunya lebih jelas. Hal ini dapat meningkatkan kenikmatan makanan dan berkontribusi pada pola makan yang lebih sehat.

5. Kulit lebih sehat

Merokok mempercepat penuaan kulit dan dapat menyebabkan kerutan dini dan kulit kusam. Ketika Anda berhenti, kulit mulai memperbaiki dirinya sendiri. Peningkatan sirkulasi berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi mencapai kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda.

6. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat

Merokok melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Berhenti merokok membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi pernafasan, seperti pilek dan flu.

BACA JUGA:Para Pelajar SMA di Toboali Ini Terciduk Merokok Jam Sekolah

BACA JUGA:Tidur Sambil Merokok, Rumah Warga Batako Ini Terbakar

7. Kesehatan mental yang lebih baik 

Merokok sering kali dikaitkan dengan stres dan kecemasan, dan meskipun dapat memberikan kesembuhan sementara, hal ini pada akhirnya memperburuk kondisi tersebut. Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan mental dan rasa sejahtera yang lebih baik. Banyak orang melaporkan bahwa stres dan kecemasan mereka berkurang setelah berhenti merokok.

Berhenti merokok akan membawa perubahan positif pada tubuh, mulai dari peningkatan sirkulasi dan fungsi paru-paru hingga penurunan risiko penyakit jantung dan kesehatan mental yang lebih baik. Membuat keputusan untuk berhenti merokok memang menantang, namun manfaatnya sepadan untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia.(*)

BACA JUGA:Perda KTR Direvisi, Fokus Tekan Perokok Pemula

BACA JUGA:Kejari Bangka Musnahkan Sabu, Senpi hingga Puluhan Ribu Rokok

Kategori :