PT Timah Dorong Kemajuan UMKM, Dukung Kegiatan Workshop Pemberdayaan Local Brand Bersama Rumah BUMN Babel

PT Timah Dorong Kemajuan UMKM, Dukung Kegiatan Workshop Pemberdayaan Local Brand Bersama Rumah BUMN Babel

PT Timah berkolaborasi dengan Rumah BUMN Bangka Belitung dan beberapa BUMN lainnya seperti Telkom, Pos Indonesia, Bank BNI menggelar 'Empowering Local Brand, Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Sustainability dan Go Global' yang dilaksanakan di Graha Ti--

BACA JUGA:Kantongi IUP, Warga Beriga Berharap PT Timah Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Suryani salah satu UMKM dari Kota Pangkalpinang, mengatakan dengan adanya workshop ini memotivasi dirinya agar bisa mengembangkan produk agar bisa di ekspor.

 

“Ada banyak wawasan baru yang saya dapatkan dari workshop hari ini, terutama menjadi bekal kami dalam mengembangkan produk agar bisa diterima di pasar ekspor.

Saya jadi berpikir untuk mengurus berbagai perizinan dan meningkatkan kualitas produk,” ucapnya.

BACA JUGA:Ombudsman: Pelayanan Publik Tidak Hanya Urusan Administrasi

Sementara itu, CEO Rumah BUMN Bangka Belitung Rudy Darwin mengatakan, selain membantu memasarkan dan mempromosikan produk UMKM, Rumah BUMN juga berperan memberikan pelatihan melalui pelatihan dan juga mendampingi para UMKM dalam memenuhi legalitas.

 

“Harapan kami para UMKM di Babel dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, kami menghadirkan berbagai narasumber baik dari pelaku UMKM, PT Pos, dan Bea Cukai. Cari tahu tips dan trik agar bisa go global produknya,” pesannya.

BACA JUGA:5 Pengemudi Ojol Prasejahtera Peroleh Motor Listrik di PLN Electric Run 2024

Salah satu narasumber Founder dari Billiton Spice Vivi Widyana menjelaskan antusias para pelaku UMKM cukup luar biasa, untuk bisa menembus pasar global kata dia harus memiliki nilai jual, menghargai produk.

 

"Tantangan untuk bisa go global itu kita harus tahu dulu keunikan produk agar bisa menjadi nilai jual, terus nilai dari produk kita sendiri, menentukan target pasar sehingga kita bisa beradaptasi, mengejar sertifikasi dan rajin ikut expo.

Tapi yang paling penting tidak mudah patah semangat," "pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: