Begini Cara Tular Nalar Mafindo Babel Perkuat Literasi Digital Jelang Pilkada

Begini Cara Tular Nalar Mafindo Babel Perkuat Literasi Digital Jelang Pilkada

Kegiatan Akademi Digital Lansia (ADL) bagi 100 pre Lansia dan Lansia dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Se-Kabupaten Bangka--

“Harapan saya kepada ibu-ibu lansia PKK di Kabupaten Bangka, untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan memhami materi dengan seksama sehingga saat kembali ke daerah dan desanya masing-masing dapat menjadi penggiat literasi digital di kalangan perempuan. 

Memahami bagaimana cara mengidentifikasi hoaks dalam menghadapi Pilkada dan penipuan di dunia digital.

BACA JUGA:Ini Upaya Pemkot Pangkalpinang Percepat Penurunan Angka Stunting

Seiring dengan itu, Ketua Mafindo Babel, Suryani juga mengharapkan pelatihan ini dapat membuka wacana dan dunia baru bagi Lansia di Kab. Bangka dalam menjelajahi dunia digital dan juga bijak menggunakan media sosial dalam menghadapi penipuan digital, serta mampu mencari informasi dalam memutuskan siapa yang akan mereka pilih nanti sebagai pemimpin daerah 5 tahun ke depan secara objektif.

BACA JUGA:Ketahui Jenis Kopi Putih, Rasa dan Manfaatnya

Pantauan di lapangan, kegiatan lebih banyak diisi dengan diskusi dan praktik bagaimana mengenali hoaks dengan tehnik WAKUNCAR (Waspadai, Kunjungi dan Cari) dan bagaimana informasi tersebut dimanipulasi dengan penginderaan hoaks.

Mereka juga di latih mengakses penggunaan akun whatapps Kalimasada milik Mafindo dimana peserta dapat mengetikkan sejumlah kata kunci mengenai informasi yang mereka dapat dari media sosial untuk selanjutnya akun Kalimasada milik Mafindo akan memberikan informasi relevan dan benar mengenai informasi yang diketikkan tadi.

BACA JUGA:Idolakan Mahrez, Siap Jadi Pelayan Haaland

Pelatihan yang berlangsung dalam kelompok-kelompok berjumlah 10 langsia yang di damping fasilitator itu juga diisi dengan praktik mengecek apakah telah terdaftar  dalam Daftar Pemilih Tetap dalam PIlkada nanti dengan mengetikkan secara langsung Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada laman  dptonline.kpu.go.id.

Dan juga mengajak mereka melakukan akses ke website resmi kpu, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Pemilu jika ingin mencari informasi resmi Pilkada nanti dan memainkan beberapa game pengenalan hoaks. Kemudian di akhiri dengan senam lansia bersama-sama. 

BACA JUGA:Dukung Gerakan Nasional Pemasangan 10 Juta Bendera, Dandim Basel Intruksikan Ini ke Jajaran Babinsa

Tentang Tular Nalar 

Tular Nalar, program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh MAFINDO dan didukung oleh Google.org, dengan Love Frankie sebagai mitra pelaksana, telah muncul sebagai platform online pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

BACA JUGA:Pemuda di Ranggung Tewas Ditusuk, Pelaku Ungkap Alasannya

Dikembangkan bekerja sama dengan Institut Kebudayaan dan Kemanusiaan MAARIF pada tahap awal, Tular Nalar telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam tiga tahun ini, dengan preferensi khusus untuk melibatkan first-time voters pre-lansia, dan lansia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: