Begini Cara Tular Nalar Mafindo Babel Perkuat Literasi Digital Jelang Pilkada

Begini Cara Tular Nalar Mafindo Babel Perkuat Literasi Digital Jelang Pilkada

Kegiatan Akademi Digital Lansia (ADL) bagi 100 pre Lansia dan Lansia dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Se-Kabupaten Bangka--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Tular Nalar  Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Bangka Belitung berkolaborasi dengan PKK Kab. Bangka, kembali mengadakan kegiatan Akademi Digital Lansia (ADL) bagi 100 pre Lansia dan Lansia dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Se-Kabupaten Bangka. 

BACA JUGA:Rangkaian Kegiatan HUT ke-48 PT Timah, Bulan Bakti, Tanam Pohon Hingga Berbagi Kebahagiaan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Lansia dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis dalam mengelola informasi hoaks dan fakta menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak tahun 2024 di media digital.

BACA JUGA:Sambut HUT RI Ke-79, PLN Resmikan IPP PLTBm Sadai : Tambah Pasokan Listrik 10 MW

Kenapa harus Lansia yang masih menjadi target sasaran dari kegiatan Mafindo di Tahun 2024 ini? Menurut Ketua Mafindo  Babel, Suryani, dari data BPS tentang statistik penduduk lanjut usia tahun 2023, terlihat beberapa hal menarik yaitu: Lansia memiliki peran penting dalam rumah tangga.

Hal ini karena sepertiga (33.16%) rumah tangga di Indonesia memiliki lansia sebagai anggota, dengan lebih dari setengahnya bahkan menjadi kepala rumah tangga (55, 32%). 

BACA JUGA:Rangkaian Kegiatan HUT ke-48 PT Timah, Bulan Bakti, Tanam Pohon Hingga Berbagi Kebahagiaan

Ini menunjukkan lansia masih memiliki peran yang signifikan, baik sebagai anggota maupun pengambil keputusan dalam rumah tangga. 

“Dan dengan adanya Akademi digital lansia ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dengan literasi digital yang baik ini, dapat membuka akses lansia pada berbagai sumber informasi, hiburan dan aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, seperti belajar keterampilan baru, mengakses buku/film atau berpartisipasi tentang minat tertentu, juga dapat mencegah isolasi sosial dapat terhubungan dengan keluarga dan teman dengan segera, tapi dengan cara yang aman dan privasi yang terjamin," jelasnya.

BACA JUGA:Enam Bulan, Satlantas Polresta Pangkalpinang Cetak 7.908 SIM

Pelaksaan program Akademi Digital Lansia (ADL) yang bertemakan "Bugar Digital LANSIA (BERBUDI)" tersebut, Dibuka secara resmi oleh Rita Susanti Asmawi Alie mewakili Ketua PKK Kab. Bangka selaku Ketua Pokja Dua PKK Kabupaten Bangka di Gedung Pertemuan Graha Maras Kantor Bupati Bangka, Sabtu kemarin (03/08).

BACA JUGA:Jadi Pembina Upacara di SMP Best Islamic School Pangkalpinang, Rio Sampaikan Pesan Kemerdekaan

Dalam sambutannya  Rita Susanti Asmawi menyampaikan ucapan terimakasih atas kolaborasi yang dilakukan oleh relawan MAFINDO Bangka Belitung, dalam memberikan edukasi literasi media terhadap anggota PKK se-Kab. Bangka, dan nantinya mereka dapat menularkan langsung ke masyarakat khususnya kaum perempuan di Kab. Bangka tentang hal ini. 

BACA JUGA:Dukung Gerakan Nasional Pemasangan 10 Juta Bendera, Dandim Basel Intruksikan Ini ke Jajaran Babinsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: