Rayakan Idul Adha, Lapas Pangkalpinang Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

Rayakan Idul Adha, Lapas Pangkalpinang Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban di Lapas Pangkalpinang. --Foto: Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sebagai ibadah pada momentum perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah tahun 2024, Lapas Pangkalpinang menggelar penyembelihan hewan kurban, Senin (17/6/2024).

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan Salat Idul Adha yang diikuti oleh petugas bersama warga binaan yang beragama muslim di lapangan olahraga Lapas Pangkalpinang. Bertindak sebagai Khotib dan Imam Sholat Ied adalah Ustadz Salahudin, Lc. dari Pondok Pesantren Nurul Hikmah.

Kepala Lapas Pangkalpinang, Badarudin, menyebut bahwa penyembelihan hewan kurban adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini tidak hanya menunaikan perintah Allah SWT, tetapi juga memperkuat rasa persaudaraan dan kepedulian sosial di antara sesama.

"Hewan kurban ini memiliki makna dan simbolisme yang mendalam dalam islam, kurban menunjukkan ketaatan, keikhlasan dan pengorbanan diri kepada Allah SWT," ujar Badarudin.

BACA JUGA:Setingkat Lebih Tinggi, Kalapas Pangkalpinang Sematkan Tanda Kenaikan Pangkat Bagi Petugasnya

BACA JUGA:Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Bioflok

Ia juga mengatakan bahwa daging kurban tersebut akan didistribusikan secara merata kepada Warga Binaan. Sebelum daging kurban dibagikan tentunya daging tersebut akan diolah dan dimasak terlebih dahulu oleh pihak dapur Lapas Pangkalpinang.

Badarudin mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah membantu dalam kegiatan ini, juga kepada seluruh panitia kurban yang terdiri dari petugas dan warga binaan atas sumbangsih dan keikhlasannya, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

“Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk ikhlas dan berkorban demi kebaikan bersama,” ucapnya.

BACA JUGA:Wujudkan Pelayanan Publik Inovatif, Lapas Tanjungpandan Terima Penghargaan dari Pemkab Belitung

BACA JUGA:Nuraini, Petugas Lapas Perempuan Pangkalpinang Juara 1 Bhayangkara Babel Run Tahun 2024

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik, Ferdi Anggriawan, menyampaikan hewan kurban yang berhasil terkumpul berjumlah 6 ekor yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing. 1 ekor sapi merupakan sumbangan dari PT Timah Tbk dan 5 ekor kambing dari petugas Lapas Pangkalpinang.

Penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu kegiatan yang mendukung pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan umat muslim pada Hari Raya Idul Adha. 

“Kita semua berharap momentum ini dapat memberikan manfaat dan dapat memperbaiki kehidupan bagi para Warga Binaan setelah selesai menjalani masa pidana,” pungkas Ferdi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: