Deal Dengan Buyer Prancis, Bumdesma Mitra Lada Bersatu Air Gegas Targetkan Ekspor Lada Putih Akhir Tahun Ini

Deal Dengan Buyer Prancis, Bumdesma Mitra Lada Bersatu Air Gegas Targetkan Ekspor Lada Putih Akhir Tahun Ini

Pertemuan pengurus Bumdesma Air Gegas dengan buyer lada dari Prancis.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Upaya keras Bumdesma Mitra Lada Bersatu Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengembangkan produk usahanya berbuah manis, kini badan usaha milik desa ini bisa mengekspor lada hingga ke Paris, Prancis.

Pengurus Bumdesma Air Gegas Alfeddy Hernandy mengatakan, pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan buyer dari Prancis untuk membeli lada.

"Kita telah mencapai kesepakatan dengan buyer dari Prancis yakni perusahaan Le Roy Poivre, dengan mengekspor Lada pada akhir tahun ini," ucapnya, Selasa (11/06).

BACA JUGA:Kebun Lada Petani Babel 46 Ribu Ha, Masih Cukup Luas?

BACA JUGA:Kepopuleran Mulai Redup, Perkebunan Lada di Bateng Sisa 3.000 Lebih Hektar

Dikatakannya, pada ekspor awal ini pihak Bumdesma akan mengekspor sebanyak 300kg, dengan bentuk vacum pressed dengan harga lada juga jauh di atas harga biasanya.

Dengan harga yang dibeli cukup tinggi, pihaknya juga bisa membeli lada dari para mitra petani dengan harga di atas biasanya, tentunya dengan standar yang telah sesuai Eropa (Codex), ISO serta SNI.

"Kami akan membeli harga di mitra para petani dengan cukup tinggi, yakni di atas harga biasanya," tandasnya.

BACA JUGA:Wamentan RI Dorong Kepulauan Babel Manfaatkan Lahan Kritis untuk Kembalikan Kejayaan Lada

BACA JUGA:Sarana Sentra Lada Memotivasi Petani

Sementara itu, Bupati Basel Riza Herdavid mengungkapkan apresiasi yang luar biasa kepada pengurus Bumdesma dengan core bisnis ladanya.

"Bumdesma yang luar biasa bisa mengekspor lada hingga ke Prancis," sebutnya.

Dikatakan Bupati Riza, sejak awal berdirinya, Bumdesma sudah diproyeksikan akan menjadi motor penggerak hilirisasi komoditas lada di kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) di Air Gegas.

"Semoga kerjasama dengan buyer ini, komoditas lada yang dibeli oleh Bumdesma kepada mitranya bisa mensejahterakan para petani Lada khususnya di Basel," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: