Perputaran Uang Bazar UMKM Perhimpunan Indonesia Tionghoa Babel Capai 700 Juta

Perputaran Uang Bazar UMKM Perhimpunan Indonesia Tionghoa Babel Capai 700 Juta

Penyerahan Piagam Penghargaan dari UMKM kepada INTI Babel yang Sukses Menggelar Bazar dengan Stand Gratis Bagi 125 UMKM. --Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Bazar UMKM (usaha menengah kecil dan mikro) yang digelar oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bangka Belitung (Babel) Sabtu malam telah resmi ditutup, Sabtu (8/6). Bazar yang digelar selama sepekan yang berlangsung di halaman hotel Bangka City, Air Itam itu telah berhasil membuat perputaran roda perekonomian UMKM berupa uang lebih dari Rp 700 juta.

“Alhamdulillah dalam bazar perdana ini kita berhasil membuat perekonomian UMKM kita bergeliat. Begitu juga dengan di luar UMKM seperti adanya kegiatan parkir yang dilakukan langsung oleh Ormas dan LSM juga Karang Taruna setempat berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 28 juta. Harapan kita tentu ini semua dapat membantu perekonomian masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang lagi lesu ini,” kata ketua pelaksana, Romandhona Setyawan. 

Menurut Romandhona bazar yang diikuti sebanyak 125 stan didominasi oleh UMKM yang bergerak dibidang makanan dan kuliner. Permainan anak-anak hingga kaki lima. Lebih dari itu juga ada dukungan stan layanan publik seperti dari Pemerintah Provinsi, Pemkot Pangkalpinang, Pemkab Bangka Tengah, Polda Babel, Polresta Pangkalpinang, BPBD Babel, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan hingga Perbankan.

“Para pelaku UMKM dalam kesempatan ini tentu memasarkan produk-produknya. Sedangkan stand layanan publik tentu memberikan beragam informasi atas produk-produk layanan mereka. Sehingga masyarakat dapat terbantu dalam hal layanan publik. Tentunya adanya sinergitas antara pelaku usaha -UMKM- dan layanan publik sehingga memperoleh beragam kemudahan-kemudahan terutama bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya bangga.

BACA JUGA:Perhimpunan Indonesia Tionghoa Babel akan Gelar Bazar UMKM Sepekan

Senada juga disampaikan oleh ketua INTI Babel Hendy Suwandi kalau kesuksesan dalam bazar perdana ini akan terus memacu untuk menggelar kegiatan serupa di waktu yang akan datang. “Capaian perdana yang menggembirakan ini tentu akan kita kembangkan terus. Tujuan tak lain untuk kemajuan serta perkembangan UMKM kita di tengah kondisi perekonomian yang sedang lesu ini,” kata Hendy Suwandi.

Bazar sepekan itu menurutnya juga diisi dengan beragam kegiatan sosial pendidikan hingga keagamaan. “UMKM-nya kita dorong dengan stand gratis. Kegiatan sosial melalui sponsor memberikan bantuan seperti tandon air untuk rumah ibadah 6 agama yang ada di Indonesia. Sementara itu kita juga memberikan beasiswa belajar bahasa Mandarin langsung ke Cina bagi anak-anak yang berprestasi,” ucapnya semangat.

“Tentunya ekonomi yang berkembang, sosial keagamaan yang harmonis serta pendidikan yang berkualitas akan membawa pembangunan daerah kita menjadi maju. Tentu inilah harapan bersama kita semua demi pembangunan daerah kita tercinta ini,” tukasnya. 

Acara bazar juga ditutup dengan beragam doorpriza serta penghargaan. Puncaknya penyerahan piagam penghargaan dari peserta UMKM langsung kepada Hendy Suwandi. (*)

BACA JUGA:Bazar Perikanan DKP Diserbu Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: