Gelar Explore Babel 2024, Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM dan Pariwisata

Gelar Explore Babel 2024, Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi  Melalui UMKM dan Pariwisata

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Explore Babel hadir sebagai bentuk dukungan terhadap sinergi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBl), Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWl), Karya Kreatif Indonesia (KKl), dan Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDl). 

BACA JUGA:Penyuka Film Horor Wajib Nonton Mawang, Mulai Tayang di Bioskop

Explore Babel 2024 merupakan acara tahunan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan sebagai wadah untuk mengeksplorasi pariwisata, UMKM dan kuliner dalam rangka meningkatkan peran UMKM dan sektor pariwisata serta mempercepat pengembangan ekosistem ekonomi keuangan digital dengan mengusung Tema “BESAOH Wujudkan Negeri Serumpun Sebalai yang BERTUAH” dengan semangat sinergi dan gotong royong membangun ekonomi, wujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang Berkelanjutan, Transformatif, Unggul, Maju, dan Harmonis.

BACA JUGA:Lewat Layanan PESTA, PLN Siapkan Listrik Event Babel Explore 2024 di ATM Pangkalpinang

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A.,M.B.A. dan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta. 

Dalam sambutannya, Menparekraf menekankan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu kawasan wisata di Indonesia yang memiliki magnet tersendiri dan memiliki pesona yang memukau bagi wisatawan nasional maupun mancanegara. 

BACA JUGA:Special One Terdampar di Klub Turki

"Potensi unggul ini diperkuat dengan percepatan dan perluasan digitalisasi yang terus dipacu," kata Menparekraf. 

Menparekraf mengatakan, transaksi non tunai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung​ terus tumbuh khususnya QRIS dengan nominal transaksi yang tumbuh signifikan sebesar 100,22% (yoy) pada Maret 2024. 

Pertumbuhan tersebut, kata dia, ditopang oleh jumlah merchant QRIS sebesar 153.459 dan pengguna QRIS sebesar 184.449. 

BACA JUGA:Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila, PLN Tekankan Nilai-nilai Luhur Pancasila

"Berbagai upaya telah dilakukan untuk membangkitkan akselerasi digital dan UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, salah satunya melalui Explore Babel 2024 yang menjadi simbol optimisme dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya. 

Kepala Bank Indonesia Bangka Belitung, Rommy S. Tamawiwy menyebutkan bahwa saat ini Bangka Belitung sedang mengalami banyak tantangan dengan dinamika pada komoditas timah yang turut memberi dampak pada sektor lainnya. 

BACA JUGA:Lewat Layanan PESTA, PLN Siapkan Listrik Event Babel Explore 2024 di ATM Pangkalpinang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: