Melalui Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award 2024, Jadilah Penyuluh Multitalenta

Melalui Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award 2024, Jadilah Penyuluh Multitalenta

--

BABELPOS.ID,PANGKALPINANG - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Pemilihan Penyuluhan Agama Islam Award 2024. Kegiatan ini berlangsung di Grand Vella Hotel Bangka Tengah.

 Kegiatan ini dimulai dari alur pendaftaran tingkat wilayah Kanwil Kemenag Babel 08 - 21 Mei 2024. Seleksi administratif dan pengumuman 22 - 24 Mei 2024. Penilaian tahap 1,2 dan pengumuman 25 - 27 Mei 2024 hingga pendaftaran tingkat nasional 28 - 30 Mei 2024. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Plt.Kanwil Kemenag Babel, H.Firmantasi.

Dalam sambutannya, Plt. Kakanwil Kemenag Babel, menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap tugas-tugas dari kementerian agama. Ia menyebut bahwa peran penyuluh agama Islam merupakan garda terdepan di kementerian agama, karena menjadi bagian terdekat dengan masyarakat. 

BACA JUGA:Safriati Safrizal Beri Motivasi Peserta Pelatihan Pengolahan Cokelat

“Sehingga peran penyuluh agama Islam ini juga harus mendapatkan apresiasi melalui penyuluh agama award yang prosesnya dimulai dari bawah. Saya pernah menjadi teladan pimpinan KUA tahun 2010 melalui kegiatan pembangunan masjid yang kami lakukan secara swadaya dengan masyarakat membangun masjid non DIPA di Air Gegas. Karena bagi saya bertugas itu, maka saya juga harus bisa meningkatkan kenangan yang baik,” ujarnya.

Menurutnya sangatlah penting untuk menguasai terlebih dulu hati masyarakat, apalagi bagi penyuluh yang memang harus siap hadir, sapa dan senyum di tengah-tengah masyarakat agar bisa meninggalkan kebaikan semasa hidup ini agar akhirnya kita menjadi orang yang beruntung.

BACA JUGA:Antisipasi Tanah Longsor, PLN Lakukan Pemeliharaan Tiang Jaringan SUTM 20kV

Banyak hal yang bisa dilakukan para penyuluh dalam memberdayakan masyarakat dari mulai masalah sosial, ekonomi, pengetasan stunting, penyelematan dan pelestarian lingkungan, pengentasan kemiskinan dan lainnya. Karena tugas penyuluh juga harus bisa memberikan ilmu yang bermanfaat secara nyata bagi masyarakat.

Namun kata Firmantasi, terkadang kita masih jarang berfikir yang positif, luar biasa dan global, seakan akan berfikirnya yang terpenting di zona aman saja. Padahal peran penyuluh itu adalah memberikan keberuntungan yang bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk agama, masyarakat bangsa dan negara. Oleh karena itu yang tak kalah penting bagi seorang penyuluh agama adalah praktek implementasi dari ilmu yang dimiliki.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Rapat Penentuan Objek Analisis Implementasi/Evaluasi Kebijakan Kementerian Hukum & HAM

“Saran saya tetaplah melakukan sharing dengan orang lain, merenung diri, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat terus menjadi motivasi untuk melakukan pemberdayaan masyarakat,  menjaga kewibawaan, banyak baca buku, baca al-qur'an bahkan  belajar tilawah dan lain-lain. Sebab seorang penyuluh agama Islam itu harus multitalenta dari sisi skill, attitude akhlak yang terjaga dengan baik dan knowledge (pengetahuan) yang musti juga terus berkembang,” ujar pejabat definitif Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang ini.

BACA JUGA:Safriati Safrizal Beri Motivasi Peserta Pelatihan Pengolahan Cokelat

Ketua Panitia, Robby, menyebut bahwa kegiatan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award 2024 mengangkat tema"transpormasi penyuluh agama Islam dalam mewujudkan Indonesia emas 2045"

Ia menyebut bahwa penyuluh agama adalah perangkat negara yang bertugas mengembangkan kegiatan penyuluhan dan bimbingan agama serta pembangunan melalui bahasa agama. Penyuluh agama Islam juga merupakan garda terdepan kementerian agama yang bersentuhan langsung dengan berbagai elemen masyarakat hingga grassrot terbawah. penyuluh agama Islam ini berfungsi memberikan fungsi informatif edukatif, konsultatif, advokatif dan administratif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: