BPMP Babel Siap Gelar Pameran Bulan Merdeka Belajar di Rumah Residen 28 - 30 Mei 2024

BPMP Babel Siap Gelar Pameran Bulan Merdeka Belajar di Rumah Residen  28 - 30 Mei 2024

ist--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Guritno Wahyu Wijanarko beserta jajarannya melaksanakan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan Pj. Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan di Ruang Kerja Walikota Pangkalpinang awal Mei 2024 lalu.

BACA JUGA:Indonesia-Sentris Mewujudkan Keadilan, Kesejahteraan, dan Pemerataan di Seluruh Indonesia

Guritno Wahyu Wijanarko menjelaskan bahwa BPMP Babel ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjadi koordinator pelaksanaan Pameran yang bertajuk "Merdeka Belajar Merdeka Berbudaya" di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 28 – 30 Mei 2024. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memeriahkan puncak Hari Pendidikan Nasional 2024 dengan konsep galeri foto dan video. 

BACA JUGA:Gugurkan Pencalonan Pasangan Independen, KPU Pangkalpinang Dilaporkan

Guritno juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini akan menghadirkan berbagai kebijakan, program, dan capaian merdeka belajar dan produk kreasi anak bangsa yang merupakan hasil dari pendidikan Indonesia, khusus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang semakin berkualitas, serta menampilkan berbagai capaian dan prestasi dalam hal pemajuan kebudayaan.

BACA JUGA:Eliminasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Pj Gubernur Safrizal Launching Rampak Gemintang

“Konsep pameran yang akan kami langsungkan adalah pameran temporer bertempat di cagar budaya, menampilkan UPT-PTN Kemendikbudristek di Wilayah Bangka Belitung yang memiliki program, kebijakan unggulan, dan hasil karya atau prestasi anak bangsa yang menarik pada ruang tersedia, menampilkan capaian hasil merdeka belajar dan merdeka berbudaya dari provinsi/kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

BACA JUGA:Eliminasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Pj Gubernur Safrizal Launching Rampak Gemintang

Dalam event ini BPMP akan berkolaborasi dengan UPT Kemendikbudristek lainnya antara lain perguruan tinggi di Babel seperti Universitas Bangka Belitung, Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, dan Universitas Terbuka Pangkalpinang. Selain itu juga didukung penuh oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V.

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan Perempuan di Jebus Terungkap, Pelaku Ternyata Suami Korban

Menariknya dalam konsep pameran ini juga akan ditampilkan dalam bentuk galeri foto (infografik/foto dokumentasi), kliping berita successtory, menayangkan Video (capaian program merdeka belajar/testimoni pemangku kepentingan), produk inovasi dari satuan pendidikan, hasil projek profil pelajar Pancasila (P5), objek pemajuan kebudayaan, warisan budaya, dan lainnya

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Babel Terima Penghargaan Dari Inspektorat Jenderal

Bersamaan pameran agan digelar gebyar Gerakan Sekolah Sehat, perlombaan olahraga tradisional Sembilun yang diikuti oleh satuan pendidikan,  kuis dengan hadiah lawang. Juga ada penampilan pentas seni dan budaya oleh SMA 1 Pangkalpinang: Rhapsody of Archipelago Bangka Belitung, gelar wicara tema Kurikulum Merdeka, pentas seni dan budaya musikalisasi puisi oleh SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, gelar wicara Guru Penggerak oleh BGP, gelar wicara Revitaliasi Bahasa Daerah oleh Kantor Bahasa Bangka Belitung, serta Lomba foto di lokasi cagar budaya seputar lokasi pameran yakni Rumah Residen Pangkalpinang, Taman Wilhelmina, dan sekitarnya. “Insyaallah nanti kita juga akan menghadirkan penampilan seni dan budaya dari Mentilin Band persembahan terbaik dari anak-anak kita dari SLBN Kota Pangkalpinang,” tambah Guritno.

BACA JUGA:REFORMASI, & PENGHINATAN KAUM INTELEKTUAL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: