Bank Indonesia Gelar Sosialisasi di Lima Titik Secara Serentak di Pulau Belitung

Bank Indonesia Gelar Sosialisasi di Lima Titik Secara Serentak di Pulau Belitung

Bank Indonesia Gelar Sosialisasi di Lima Titik Secara Serentak di Pulau Belitung--Foto: Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Perkembangan digitalisasi yang begitu pesat menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran yang kini dapat dilakukan secara digital. 

Akseptasi digitalisasi pembayaran yang baik tentunya akan berdampak terhadap terhubungnya masyarakat dengan produk dan layanan keuangan secara cepat dan mudah. 

Namun demikian, kemudahan tersebut juga diikuti oleh potensi risiko baru di era digital yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat perlu dibekali pengetahuan terkait potensi risiko baru di era digital tersebut, sehingga masyarakat dapat aman dan nyaman dalam memanfaatkan berbagai layanan sistem pembayaran non tunai.

Guna meningkatkan literasi masyarakat terkait dengan Sistem Pembayaran nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Pelindungan Konsumen, Keuangan Inklusif, serta Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK), pada 19 April 2024 lalu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkolaborasi dengan Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen (DUPK) Kantor Pusat Bank Indonesia melakukan kegiatan sosialisasi di lima titik secara serentak di Pulau Belitung. 

BACA JUGA:Pj Wako Lusje Hadiri Kick Off SERAMBI 2024, Layanan Penukaran Uang Bank Indonesia di Momen Ramadan & Idulfitri

BACA JUGA:Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023: Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

Ada pun lima titik sosialisasi tersebut yakni sosialisasi kepada 123 orang santri dan santriwati, guru, dan pengurus Yayasan di Pondok Pesantren Daarul Arofah Belitung, sosialisasi kepada 100 orang anggota TNI AU dan Persatuan Istri Anggota TNI AU (PIA ARDHYA GARINI) di Aula Wira Angkasa Lanud H. AS Hanandjoeddin, sosialisasi kepada 100 orang Ibu-Ibu PKK Belitung dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Belitung di Gedung Serbaguna Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Kemudian sosialisasi kepada 100 orang mahasiswa/i dan siswa/i SMA di Kabupaten Belitung di Golden Tulip Belitung dan selanjutnya sosialisasi kepada 75 UMKM serta 25 pendamping UMKM Belitung di BW Suite Belitung.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung Rommy Sariu Tamawiwy dalam keterangan resminya yang diterima Babel Pos Selasa (23/4/2024) mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya Bank Indonesia dalam meningkatkan literasi masyarakat yang ada di Pulau Belitong terutama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk sistem pembayaran dan menggunakannya secara cermat dan bijak serta segera menyampaikan pengaduan kepada pihak yang berwenang atau otoritas terkait apabila mengalami permasalahan. 

BACA JUGA:Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023: Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

BACA JUGA:Pj Gubernur Babel Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2023

Selain itu, kata Rommy, juga untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap potensi risiko digital sehingga selalu waspada dan berhati- hati dalam memanfaatkan teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: