SNBP 2024, 935 Calon Mahasiswa Baru Lolos ke UBB

SNBP 2024, 935 Calon Mahasiswa Baru Lolos ke UBB

Jumpa pers hasil SNBP Calon Mahasiswa Baru UBB Tahun 2024.--Foto: Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, Selasa (26/3) resmi diumumkan pukul 15.00 WIB. Pengumuman sendiri dapat dilihat di webste resmi Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset Tekonologi (Kemendikbudristek).

Untuk Universitas Bangka Belitung (UBB), sesuai yang diumumkan ada sebanyak 935 calon mahasiswa baru (Camaba) yang dipastikan lolos di jalur SNBP 2024 tersebut. Demikian disampaikan Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNBP sekaligus Wakil Rektor UBB, Dr Nizwan Zuhri dalam konferensi pers.

Yang menggembirakan UBB, SNBP tahun ini kali pertama UBB menyertai program studi (Prodi) Kedokteran. Hasilnya pun sangat memuaskan kendati proses pengetatan yang luar biasa. 

"Kenaikan jumlah pendaftarnya juga meningkat 13 persen, SNBP 2024 pendaftar ada 2.974 camaba (Calon Mahasiswa Baru) sedangkan di tahun 2023 tercatat sebanyak 2616 pendaftar dan tahun ini sebanyak 2974," jelasnya.

 BACA JUGA:Sapu Bersih Suara Menteri dan Senat, Prof Ibrahim Kembali Terpilih Jadi Rektor UBB

BACA JUGA:4 Calon Rektor dari Internal UBB, Ini Kata Profesor Ibrahim

Dalam penerimaan Maba jalur SNBP 2024 ini, lanjut Nizwan, ada beberapa prodi yang memiliki jumlah penerimaan terbanyak yakni Prodi Hukum 87 Camaba, Prodi Akuntansi 66 Camaba, Prodi Manajemen 64 Camaba, Prodi Ilmu Politik 55 Camaba, Prodi Sosiologi 42 Camaba dan Prodi Sastra Inggris sebanyak 42 Camaba.

Ditambahkan Nizwan, ada Camaba dari 19 provinsi yang turut mendaftar ke UBB melalui jalur SNBP ini, namun dominan peminat masih di Babel. "Namun yang diterima ini kalo dilihat ada dari 17 Provinsi, seperti Kepulauan Riau, Riau, DKI Jakarta, Sumsel, NTT dan lain-lainnya," terang Nizwan.

BACA JUGA:Selamat! UBB Lahirkan Profesor Perempuan Pertama

BACA JUGA:UBB Cari Rektor Baru, Pendaftaran Dibuka

Lebih jauh, dirinya juga mengingatkan kepada para calon Maba yang diterima melalui jalur SNBP ini untuk tidak lupa melakukan pendaftaran ulang serta mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya yang wajib untuk diikuti.

"Untuk Camaba pengamalam dari tahun lalu, tolong diingatkan mengenai jadwal pendaftaran ulang ini, seperti tahap verifikasi. Tahap verifikasi dimulai tanggal 28 Maret sudah masuk tahap verifikasi sampai 18 April 2024," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Nizwan, selain SNBP, para siswa yang berminat untuk kuliah di UBB dapat menempuh penerimaan camaba melalui jalur seleksi tes, mandiri dan juga yang terbaru dari kebijakan UBB yakni Talenta Unggul Daerah. "Detailnya, akan segera kami sampaikan kembali," imbuhnya.(*)

BACA JUGA:Tim Etnobiologi UBB Eksplor Suku Jering, Ada Sedekah Gunung Hingga Bubur Sure

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: