Babel Jadi Pelaksana Pertama Fasilitasi Penerbitan 1000 Sertifikasi Halal Gratis 2024 oleh Kemenkop UKM

Babel Jadi Pelaksana Pertama Fasilitasi Penerbitan 1000 Sertifikasi Halal Gratis 2024 oleh Kemenkop UKM

Bekisah memfasilitasi penerbitan 1000 Sertifikat Halal UMKM Babel.--Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto mengapresiasi atas pelaksanaan 4 tahun Bangka Belitung Ekonomi dan Keuangan Syariah (Bekisah) dan Fasilitasi Penerbitan 1000 Sertifikat Halal Bagi UMKM Gratis tahun 2024. 

Acara ini diinisiasikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Babel dan Bank Indonesia.

Naziarto mengaku bangga dan berterimakasih kepada Kemenkop dan UKM RI yang telah memfasilitasi dan memilih Provinsi Bangka Belitung sebagai daerah pertama untuk melaksanakan Fasilitasi Penerbitan 1000 Sertifikat Halal Bagi UMKM Gratis tahun 2024. Karena program ini akan dilaksanakan di 15 titik seluruh Indonesia di tahun 2024.

Naziarto menilai bahwa sektor ekonomi dan keuangan syariah di Bangka Belitung terus bertumbuh pesat dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Bangka Belitung juga semakin banyak dikenal masyarakat dunia setelah sukses melaksanakan Kongres Halal Internasional (KHI) tahun 2022 yang diikuti peserta dari 15 negara.

BACA JUGA:Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel Ajak Dukung Suksesnya Program Wajib Halal Oktober 2024

BACA JUGA:4th Bekisah (Bangka Belitung Ekonomi dan Keuangan Syariah) Tahun 2024 X Mandatory Sertifikasi Halal 1000 UMKM

Ia menyambut baik dengan dilaksanakannya Bekisah tahun 2024, karena Bangka Belitung memiliki potensi pasar yang sangat bagus pengembangan sektor ekonomi, keuangan syariah, industri produk halal hingga pariwisata halal. Karena itu sangat penting membangun sinergi dan koordinasi yang baik antar semua pihak di Babel dalam mensukseskan program sertifikasi halal sebelum mandatory halal 17 Oktober 2024.

Melalui Bekisah dan fasilitasi 1000 sertifikasi halal gratis tahun 2024 ini diharapkan dapat semakin mendorong kesadaran pelaku usaha, UMKM dan konsumen terhadap pentingnya produk-produk bersertifikasi halal. 

“Saya yakin Babel bisa menjadi garda terdepan dalam memotivasi bagi pelaku umkm untuk mensertifikasi halal produk usahanya. Karenanya perlu kolaborasi dan sinergitas secara nyata, bukan hanya sekedar ucapan,” sebut Naziarto.

BACA JUGA:1000 pelaku UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Terima Sertifikat Produk Halal

BACA JUGA:Gencarkan Sosialisasi Wajib Halal Oktober 2024, BPJPH Sasar 5.040 Titik Sentra Pelaku Usaha

Naziarto juga mendorong perlunya melakukan strategi, koordinasi dan komunikasi secara efektif dan respektif antar Komite Ekonomi Syariah, Kemenkop UKM ,MES dan stakeholder lainnya, sehingga sertifikasi halal ini dapat semakin membumi.

Ia berharap Bekisah dan fasilitasi 1000 sertifikasi halal ini akan terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang agar dapat mewujudkan UMKM halal khususnya dari Bangka Belitung yang semakin naik kelas dan siap bersaing hingga ke pasar internasional.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius, M.A, juga mengapresiasi kepada Bangka Belitung yang di tahun 2022 lalu sukses melaksanakan Kongres Halal Internasional (KHI). Sehingga hal inilah salah satunya yang memotivasi Kemenkop UKM RI memilih Bangka Belitung sebagai daerah pertama di Indonesia untuk pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Penerbitan 1000 Sertifikat Halal Bagi UMKM Gratis tahun 2024. Karena Kemenkop dan UKM akan melaksanakan program ini di 15 titik di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: