Pantuan Kesbangpol, Pemilu di Babel Kondusif

Pantuan Kesbangpol, Pemilu di Babel Kondusif

Ferdiyan Hermawan Loebis, Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Badan Kesatuan Kebangsaan Politik (Kesbangpol) menerjunkan Tim Pemantau Pemilu 2024 di pelaksanaan Pemilihan Umum tahun ini.

Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Babel, Ferdiyan Hermawan Loebis personil dari Posko Tim Pemantauan Pemilu 2024 Kesbangpol Babel ini bertugas untuk melihat secara langsung perkembangan situasi baik itu dari sebelum pelaksanaan, di hari pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan Pemilu itu sendiri.

"Personilnya orang-orang internal Kesbangpol. Kita memantau sebelum pemilu itu persiapan TPS (tempat pemungutan suara) sudah ada belum. Kami juga bekerjasama dengan Kesbangpol di tujug kabupaten/kota," ujarnya dijumpai Selasa (20/2).

BACA JUGA:Rakernas FKPT 2024: Bersatu Melaju Untuk Indonesia Maju

Hasil pemantuan ini diutarakan Ferdiyan atau yang akrab disapa Bob ini dilaporka ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pada pemantauan juga langsung dihadiri Penjabat Gubernur bersama dua orang utusan dari Kemendagri.

"Alhamdulillah, Babel untuk indikasi rawan konflik tidak ada, alhamdulillah semua bisa berjalan lancar dan aman, tidak masalah yang signifikan. Hanya permasalah teknis seperti kekurangan surat suara, telat dibukanya TPS karena faktor cuaca," ungkapnya.

BACA JUGA:Suka Cita ALFI Sambut Suksesnya Pemilu 2024, ini Harapannya

Kendati demikian, pihaknya tetap menerima segala pengaduan, termasuk indikasi pelanggaran yang akan ditindaklanjuti dengan menyampaikan perihal tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Tapi sejauh ini belum ada laporan ke arah itu, hanya laporan terkait teknis saja," jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat Babel untuk menggunakan hak pilih di Pemilu 2024. "Banyak, terutama antusias anak-anak muda yang datang di hari pencoblosan. Jadi edukasi politik di kalangan milenial ternyata berjalan dengan baik," imbuhnya.(jua)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: