Satu Kali Penetapan, Pemilih Tetap di Bangka Tengah Ada 141.690 Orang

Satu Kali Penetapan, Pemilih Tetap di Bangka Tengah Ada 141.690 Orang

Komisioner KPU Bateng, Endah Lestari--

BABELPOS.ID, KOBA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (KPUBateng) mencatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayahnya mencapai 141.690 pemilih dan hanya 1 kali penetapan.

BACA JUGA:Polresta Pangkalpinang Gelar Bimtek Bagi Personel Pengamanan TPS

Komisioner KPU Bateng, Endah Lestari menyampaikan masa penetapan DPT sudah ditetapkan di masing-masing desa oleh Pantarlih.

Kata Endah, Pantarlih ini yang bertugas mencocokan dan meneliti data di bawah tingkat desa/kelurahan atau di lingkungan Tempat Pemungutan Suara berada.

BACA JUGA:Kembali Sentuh All Time High, Kapitalisasi Pasar BBRI Tembus Rp913 Triliun

"Penetapan DPT ini sudah dari 21 Juni 2023 lalu, dimana ada 141.690 pemilih di Bangka Tengah," ujarnya, Selasa (14/2/2024).

Ia menjelaskan, terdapat perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana penetapan DPT cuma dilakukan 1 kali.

BACA JUGA:Pastikan Listrik Aman Selama Pemilu 2024, PLN Gelar Apel Siaga Serentak di Seluruh Unit

"Ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana penetapan DPT pada pemilu 2024 cuma 1 kali dan tidak ada penetapan-penetapan berikutnya," ujarnya.

"Contohnya di Bangka Tengah, penetapannya 141.690 pemilih dan itu daftar pemilih kita di pemilu 2024," sambungnya.

Ia menerangkan, ada tiga jenis pemilih, yakni DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang sudah diverifikasi dan ditetapkan KPU, DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT, namun karena alasan tertentu, tidak dapag memilih di TPS yang terdaftar.

BACA JUGA:BPK Periksa Pembangunan Gedung Perpustakaan Basel, Ini Temuannya

"Kemudian DPK (Daftar Pemilih Khusus), pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT maupun DPTb, dapat menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai alamat KTP elektronik dengan syarat sudah memiliki KTP elektronik," ujarnya.

"DPK ini bisa bisa mencoblos di jam 12 hingga 1 siang, dimana pemilihan dibuka pukul 7 pagi sampai jam 1 siang, ayo datang ke TPS dan kasih suara," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: