Peringati Isra Mikraj 1445 H, Lapas Pangkalpinang Hadirkan Koordinator Pembinaan Narapidana Ditjenpas

Peringati Isra Mikraj 1445 H, Lapas Pangkalpinang Hadirkan Koordinator Pembinaan Narapidana Ditjenpas

Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Peringati Isra mi'raj 1445 Hijriah,--

“Semua upaya ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik di Lapas dan membantu Warga Binaan dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi ke masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA:Segini Harga Mobil Listrik Pertama Chery di Indonesia

Lebih lanjut, Nanang menjelaskan bahwa pembinaan kerohanian termasuk dalam Standar Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) yang merupkan kerangka yang digunakan oleh Ditjenpas untuk memastikan pembinaan yang efektif bagi Warga Binaan, yang bertujuan untuk memenuhi hak-hak Warga Binaan dan meningkatkan kualitas pembinaan didalam Lapas.

“Semua program pembinaan akan terekam pada sistem pembinanan berbasis data, jadi ikuti program pembinaan dengan baik, laksanakan kewajiban sehingga hak-hak akan dipenuhi. SK bebas akan menunggu, bukan Warga Binaan yang menunggu SK,” harap Nanang.

BACA JUGA:Cincin Pintar Samsung Siap Meluncur, Harga dan Spesifikasinya?

Adapun tema Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW kali ini adalah “Kita Jadikan Shalat Untuk Meningkatkan Iman dan Takwa Serta Memperkuat Jalinan Kebersamaan dan Persatuan Demi Terwujudnya ASN yang BerAKHLAK”. 

Tausiah Agama disampaikan oleh Ustadz Suryadi, Ia menjelaskan bagaimana cara meraih ridha Allah (azza wajalla). Dia menyebut, ada empat cara untuk meraihnya, yang pertama meraih ridha allah azza wajalla dalam ranah Akidah, dengan beriman kepada-Nya, beribadah hanya kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

BACA JUGA:Sikapi Proses Demokrasi 2024 : Walhi Babel Serukan Kedaulatan Ekologis

“Semoga cara yang pertama ini dapat kita pahami dengan baik untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan nyata semampunya,” pesan Ustadz Suryadi. 

Yang kedua, meraih ridha Allah azza wajalla dalam ranah ibadah Amaliah, ketiga, meraih ridha Allah azza wajalla dalam ranah ibadah hati dan yang keempat meraih ridha Allah azza wajalla dalam ranah ibadah Muamalah. Di antara cara meraih ridha Allah azza wajalla dalam ranah ibadah Muamalah adalah dengan menjaga lisan agar hanya mengucapkan kalimat yang positif dan baik kepada orang lain.

BACA JUGA:AKP Hardi Jabat Kasat Binmas Polresta Pangkalpinang

Diakhir Tausiah, ustadz Suryadi mengatakan, sebenarnya ada banyak sekali cara meraih ridha Allah azza wajalla diantaranya mendalami kajian Alquran dan hadist. 

"Insya Allah kita akan menemukan semakin banyak cara untuk meraih ridha Allah. Semoga Allah azza wajalla senanntiasa memudahkan kita untuk mempelajari dan mengamalkan kitab sumber ilmu kita, yaitu Al-quran dan As-Sunnah,” tutupnya.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: