Polres Basel Pantau Pengamanan Pelipatan dan Sortir Surat Suara, 2 Personel Polwan Ikut Turun

Polres Basel Pantau Pengamanan Pelipatan dan Sortir Surat Suara, 2 Personel Polwan Ikut Turun

Polwan Polres Basel mengawasi proses sortir dan lipat surat suara di KPU Basel.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Proses pelipatan surat suara dan penyortiran yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan (Basel) dengan melibatkan masyarakat sekitar diawasi ketat Polres Basel dengan mengerahkan para personelnya.

Kabag OPS Polres Basel Kompol Elphiadi mengatakan, Polres Basel mengerahkan 6 orang Personel yang dua diantaranya merupakan Polwan. 

"Dari 6 personel tersebut dua diantaranya kita kerahkan Polwan sebagai pengawas di dalam gudang logistik tersebut," ujarnya, Rabu (03/01).

BACA JUGA:Segini Upah 130 Warga yang Melipat Surat Suara di KPU Basel

BACA JUGA:Untuk 555 TPS, KPU Basel Butuh 3.885 KPPS, Honor 1,1 Juta

Disebutkan Kabag OPS, tugas 2 personel Polwan ini mengawasi proses di dalam gudang logistik, karena para pegawai pelipatan surat suara ini banyak didominasi oleh para perempuan, dengan harapan lebih mempermudah komunikasi apabila ada sesuatu hal.

Jumlah para pelipat surat suara ini berjumlah 130 orang, semuanya merupakan warga Toboali dan memang sudah melalui seleksi dari KPU Basel sesuai dengan persyaratan.

"Jumlah pelipat surat suara dan penyortir ini sebanyak 130 orang, dan akan berlangsung dari mulai 02 Januari sampai dengan 12 Januari," terangnya.

BACA JUGA:145 Orang Ikut Simulasi Pemilu KPU Basel

BACA JUGA:Wakapolres Tinjau Kantor KPU dan Bawaslu Basel

Adapun tugas pengamanan dalam pelipatan surat suara mengacu pada ketentuan -ketentuan atau prosedur di KPU, diantaranya melakukan pemeriksaan kepada setiap petugas sortir lipat yang akan memasuki ruangan, mengamankan jalannya proses sortir lipat surat suara, mengamankan barang bawaan petugas sortir lipat surat suara dan menegakkan tata tertib sortir lipat surat suara.

"Untuk surat suara yang dilipat meliputi Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan pada hari ini proses pengawasan berjalan dengan lancar. Proses pengamanan ini masih dalam Operasi Mantab Brata (OMB) 2024," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Sudah Terima 2.220 Bilik, KPU Basel Tinggal Tunggu Surat Suara

BACA JUGA:KPU Basel Terima 5 Permintaan Pindah TPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: