Naik Dibanding 2022, Segini Total Kasus Lakalantas di Basel Pada 2023

Naik Dibanding 2022, Segini Total Kasus Lakalantas di Basel Pada 2023

AKP Eddi Yusuf --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Angka Lakalantas yang menyebabkan kematian di Bangka Selatan (Basel) pada tahun 2023 cukup tinggi, mencapai 47 kasus dengan korban yang meninggal dunia sebanyak 23 korban.

Kasus lakalantas ini meningkat sekitar 67 persen dibandingkan pada tahun 2022 sebanyak 37 kasus dengan 18 korban meninggal dunia.

Kasatlantas Polres Basel Iptu Eddie Yusuf mengakui tahu 2023 ini terjadi kenaikan lumayan tinggi sekitar 67 persen dibandingkan pada 2022 lalu, 53 persen.

"Adapun Lakalantas ini melibatkan kendaraan sepeda 1 unit, kendaraan roda dua 55 unit, roda empat 13 unit dan roda enam 6 unit," ungkapnya, Senin (01/01).

BACA JUGA:Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

BACA JUGA:Kunjungi SMP 5 Toboali, Satlantas Basel Berikan Edukasi Tertib Berlalu Lintas

Kasat Lantas menuturkan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas disebabkan karena faktor human error seperti putar balik, kecepatan tinggi, lawan arah, keluar gang, kemudian kondisi jalan licin dan terakhir jalan berlubang.

Korban yang terlibat kecelakaan sebagian besar berusia dewasa, remaja dan anak-anak yang masih dibawah umur dengan usia 14-16 tahun.

"Kebanyakan lakalantas ini terjadi karena faktor human eror dan korban pun banyak di kalangan anak - anak yang berusia dibawah umur, standart aturan dalam berkendara," terangnya.

BACA JUGA:Satlantas dan Satbinmas Polres Basel Kenalkan Tertib Lalulintas ke Anak TK

BACA JUGA:Brakk.. Dua Mobil Lakalantas, 6 Orang Luka-Luka

"Biasanya titik rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai oleh pengendara yakni di seputaran jalan raya Desa Payung, Air Gegas, Toboali, dan Sadai," tambahnya.

Tingginya kasus kecelakaan ini menjadi perhatian Sat Lantas Polres Basel. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada pelajar di sekolah menyangkut tata tertib berlalu lintas serta mengingatkan agar selalu mengenakan helm selama berkendara dan mematuhi aturan yang ada.

"Kami mengimbau juga kepada para pengendara kendaraan roda 2 maupun roda 4 agar berhati hati ketika melintas di titik jalan rawan terjadinya kecelakaan dan saat ini sedang musim penghujan jalan menjadi licin, banyak genangan air sehingga perlunya fokus dalam berkendara agar terhindar dari lakalantas," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: