Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

Iptu Eddy Yusuf --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Hujan yang terus menerus mengguyur Kabupaten Bangka Selatan (Basel) harus diwaspadai pengguna jalan. Pasalnya air hujan yang tergenang menyebabkan jalan menjadi licin dan rawan kecelakaan.

Karena itu Kasat Lantas Polres Basel Iptu Eddi Yusuf mengingatkan pengguna kendaraan lebih berhati-hati.

"Yang harus dipahami salah satu penyebabnya kecelakaan sekarang ini  adalah cuaca, selain human error atau alasan teknis kendaraan lainnya," pesannya, Kamis 21 Desember 2023.

BACA JUGA:Kunjungi SMP 5 Toboali, Satlantas Basel Berikan Edukasi Tertib Berlalu Lintas

Ia juga mengingatkan agar pengendara mewaspadai genangan air di jalan yang diakibatkan saluran air tersumbat oleh sampah maupun lainnya. 

"Kalau terdapat genangan air ke jalan, biasanya para pengendara kendaraan bermotor hilang keseimbangan ketika melintasi jalan tersebut, dan juga terkadang terkena cipratan air oleh kendaraan lain yang melintas saat berlawanan arah," terangnya.

Iptu Eddi Yusuf meminta pengendara menurunkan kecepatan ketika hujan, karena kecepatan berkendara yang tinggi saat hujan akan menambah resiko terjadinya kecelakaan.

BACA JUGA:Satlantas dan Satbinmas Polres Basel Kenalkan Tertib Lalulintas ke Anak TK

"Sebelum berpergian alangkah baiknya periksa kendaraan seperti ban kendaran,  ini guna menghindari laka lantas. Jika sudah aus disarankan untuk segera diganti karena rawan tergelincir dan juga mengganti karet air wiper mobil yang sudah aus agar memudahkan pandangan ketika terjadi hujan saat kita berkendara dengan mobil," imbaunya.

"Sekali lagi kami himbau, jangan lupa pada saat berkendara tetap menyalakan lampu kendaraan karena jarak pandang berkurang saat terjadi hujan, serta hindari genangan air dengan mengurangi kecepatan untuk menghindari aquaplaning yaitu kondisi kendaraan hilang kendali yang disebabkan oleh genangan air saat hujan lebat,” tambahnya. (*)

BACA JUGA:Jelang Nataru, Polres Basel Pastikan Stok Bapok Aman di Pasar Toboali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: