Jelang Popda 2024, 140 Atlet IPSI Basel Ikut Kejuaraan Tingkat Kabupaten

Jelang Popda 2024, 140 Atlet IPSI Basel Ikut Kejuaraan Tingkat Kabupaten

Kejuaraan Pencak Silat IPSI Basel.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Guna mempersiapkan atlet untuk mengikuti event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengadakan kejuaraan pencak silat tingkat kabupaten yang diselenggarakan di aula gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Basel.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 27 - 28 Desember 2023 ini, diikuti oleh 140 atlet dari 25 kontingen Cabor dibawah naungan IPSI.

Ketua KONI Basel Akbar Alfadjeri mengatakan, KONI Basel bergerak cepat guna mulai menjaring para atlet berpotensi untuk dipersiapkan pada event Popda maupun untuk Porprov mendatang.

"Dan KONI Basel yang pertama kali menyelenggarakan kegiatan kejuaraan ini, dari 7 kabupaten kota di Babel," ungkapnya, Kamis (28/12).

BACA JUGA:Ini 8 Pesilat Babel yang Lolos PON 2024

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Takbenda, PT Timah Tbk Dukung Pengembangan Empat Halaman Anak Sekolah Silat Pangean

Pada kejuaraan ini, ada 140 atlet dari 25 kontingen dibawah naungan IPSI Basel dari berbagai macam aliran pencak silat. Dengan persiapan lebih awal diharapkan penjaringan atlet yang berpotensi jadi lebih maksimal.

"Tujuan kita adalah untuk menjaring para atlet di tingkat kabupaten yang akan kita ikutkan di Popda tahun 2024. Dan, ini adalah bentuk dari suport kita dari KONI Basel terhadap para cabor yang ada di Basel," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris IPSI Basel Anis S.A menyampaikan, bahwa para atlet yang mengikuti kejuaraan ini rata - rata dari kalangan pelajar, remaja dan pra remaja.

BACA JUGA:Bripda Rama Anggota Polres Bangka Barat Raih Emas Kelas Seni Ganda Silat

BACA JUGA:Pencak Silat Basel Juara Umum II Porprov VI

"Penjaringan atlet lewat Kejuaraan ini tidak lain bertujuan guna mempersiapkan para atlet sedari awal agar persiapan serta mental atlit melalui pembinaan semakin terbentuk," ucapnya.

"Pada pertandingan ini terdapat 2 kategori yakni Remaja serta Praremaja. Untuk kategori Remaja, ada kelas A sampai dengan kelas H, kalau Praremaja ada kelas A sampai kelas I,  kita juga mempertandingkan seni tunggal remaja serta  praremaja atau putra/ Putri," imbuh Anis.

Anis berharap kegiatan ini dapat lebih mempersiapkan silat Basel sebelum event Popda tahun 2024 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: