Pasca Penertiban, Panwascam Pemali Imbau Pemasangan APK Mesti Sesuai Aturan

Pasca Penertiban, Panwascam Pemali Imbau Pemasangan APK Mesti Sesuai Aturan

Ilustrasi: Alat Peraga Kampanye --

BABELPOS.ID, PEMALI - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) PEMALI mengimbau peserta kampanye dapat memasang Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini dikarenakan Panwascam PEMALI telah menertibkan, APK yang melanggar. 

Panwascam Pemali bersama tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Polsek Pemali dan Dishub sebelumnya sudah melakukan penertiban APK yang melanggar pada Sabtu (23/12). 

BACA JUGA:KPU Pangkalpinang Simulasi Hari Pungut Hitung, Harap Petugas TPS Paham

"Kami Panwascam Pemali mengimbau peserta kampanye untuk dapat memasang APK sesuai dengan aturan yang ada," kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwacam Pemali, Hairul, Selasa (26/12).

Hairul menjelaskan, dari penertiban yang sudah dilakukan umumnya APK banyak dipasang di tiang listrik maupun pohon. Padahal, hal tersebut melanggar Pasal 70 Ayat 1 PKPU Nomor 15 Tahun 2023 dan Perbup Nomor 23 Tahun 2013 tentang tata cara pemasangan alat peraga peserta Pemilu di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Turun Lagi ke Kecamatan Taman Sari, Pj Wako Lusje Diskusi dan Silaturahmi Bersama Warga

"APK ada yang menempel atau bergantung di tiang listrik, pepohonan ataupun tempat/ ataupun fasilitas umum yang mengganggu estetika," sebutnya.

APK yang ditertibkan mencapai puluhan karena melanggar larangan. Dalam aturan, larangan pemasangan seperti pemasangan di tempat ibadah, tempat pendidikan, meliputi gedung dan/atau halaman sekolah dan/atau perguruan tinggi; gedung atau fasilitas milik pemerintah; jalan-jalan protokol; jalan bebas hambatan; sarana dan prasarana publik; dan/atau taman dan pepohonan.

BACA JUGA:Helli Yuda Segera Sidang Awal Tahun Depan

"Kami berharap ke depan jangan ada lagi yang melanggar aturan pemasangan APK. Apabila setelah penertiban ada pihak yang memasang APK di tempat yang dilarang, kita akan ambil upaya preventif/pencegahan terlebih dahulu agar ditertibkan secara mandiri,” katanya. 

Tak hanya itu, Hairul juga mengingatkan dalam pemasangan APK agar tidak menutup APK yang sudah dipasang sebelumnya.(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: