50 Siswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik PWI Basel

50 Siswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik PWI Basel

Pelajar SMA di Basel mengikuti pelatihan jurnalistik PWI.--(Ilham)

BABELPOE.ID, TOBOALI - Sebanyak 50 siswa jelas X mengikuti pelatihan Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Selatan (Basel) pada kegiatan Kemah Blok SMAN 1 Airgegas Ambalan KH Ja’far Addari – Hj Aminah Addari, Sabtu, 16 Desember 2022.

Para peserta terlihat antusias mewawancara narasumber sesuai tema yang ditentukan, praktik menulis berita, para siswa juga terlihat semangat bertanya bagaimana menulis berita sesuai dengan kaidah 5 W 1 H.

Ketua PWI Basel Dedy Irawan yang menjadi salah satu narasumber menyebutkan, salah satu projek PWI Basel di akhir tahun 2023 ini adalah membuat buku antologi karya siswa workshop/kelas literasi jurnalistik.

"Ada dua buku projek PWI Basel yang sedang digarap pada akhir tahun ini, pertama buku antologi cerpen dan yang kedua buku antologi essay temanya bebas, boleh tentang kearifan lokal, budaya, pendidikan," ungkapnya, Minggu, 17 Desember 2023.

BACA JUGA:Gandeng PWI Basel, SMA N 1 Simpang Rimba Gelar Pelatihan Jurnalistik

BACA JUGA:Literisasi PWI Basel Goes To School, Bupati Riza: Positif Bagi Daerah

Disebutkannya, saat ini sedang proses pengumpulan naskah, sudah ada beberapa naskah tulisan yang masuk. Para penulis buku adalah para siswa workshop atau kelas literasi jurnalistik yang telah digelar PWI Basel sejak awal tahun 2023 lalu.

"Ini output dari gerakan literasi yang dilakukan PWI Basel, bersama adik-adik peserta kelas literasi jurnalistik, kita akan membuat dua buku antologi cerpen dan essay atau opini, semua tulisan akan mewakili siswa dari 8 kecamatan di Basel,” terangnya.

BACA JUGA:PWI Basel Kenalkan Jurnalistik Dasar Kepada Anak-anak Raimuna

BACA JUGA:PWI Bagikan Takjil ke Pengendara dan Pesantren di Toboali

Menurut Dedy, menulis itu adalah kebutuhan, karena nantinya ketika siswa SMA akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tugas menulis sudah menunggu.

Para siswa yang hobi menulis puisi, pantun serta cerpen untuk dapat mengirimkan karyanya agar dipublis di media, dan Ia mengajak para peserta nantinya dapat aktif menuliskan kegiatan sekolah dan pramuka untuk dikirimkan ke media di bawah PWI Basel.

"Khoiriah Apriza adalah satu siswa dari SMAN 1 Airgegas yang tahun lalu sudah melaunching buku cerpennya bersama Bupati Basel, kita harapkan akan muncul Khoiriah lainnya yang akan mengisi tulisan di dua buku projek PWI Basel," pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Targetkan Juara, PWI Basel Datangkan 2 Pemain Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: