Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Diharap Proaktif Sosialisasi Anak untuk Sekolah

Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Diharap Proaktif Sosialisasi Anak untuk Sekolah

Elfan Rulyandi--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meminta agar para Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa dan Kecamatan agar lebih aktif dalam menyosialisasikan wajib sekolah bagi anak - anak yang sudah memasuki usia sekolah.

Harapan ini disampaikan oleh Kepala Dindik Basel Elfan Rulyadi saat menggelar kegiatan penyelenggara pengembangan pendidikan anak usia dini Holistik Integratif (HI), di gedung serbaguna Pemkab Basel, Rabu (29/11).

"Tujuan kegiatan ini guna meminta peran proaktif bagi bunda PAUD Kecamatan serta Bunda PAUD Desa dalam menyosialisasikan bagi anak - anak yang sudah memasuki usia sekolah untuk bersekolah," tuturnya dalam kegiatan yang dihadiri oleh camat, Kades, Bunda PAUD Kecamatan dan seluruh Bunda PAUD Desa se - Kabupaten Basel.

BACA JUGA:Bunda PAUD Ajak Anak - Anak Basel Gemari Makan Ikan

BACA JUGA:Bunda Paud di Seluruh Tingkatan Harus Satukan Visi dan Misi

Disebutkan Elfan, bahwa anak - anak usia sekolah itu antara 0 - 6 tahun, namun kendati sudah memasuki usia sekolah tetapi tingkat persentase di Kabupaten Basel masih minim.

Saat ini persentase anak yang sudah memasuki usia sekolah tetapi belum bersekolah di Kabupaten Basel berdasarkan data terbaru yakni; usia 0 - 2 tahun belum ada, usia 2 - 3 tahun belum ada, usia 3 - 4 tahun 30,89 persen, usia 4 - 5 tahun 40, 06 persen dan usia 5 - 6 tahun 59,81 persen.

"Hal ini juga diperkuat dengan data persentase keseluruhan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni berdasarkan dari tahun 2020 berjumlah 33,86 persen, tahun 2021 berjumlah 31.73 persen dan tahun 2022 berjumlah 32,12 persen total ini merupakan data usia anak bersekolah tetapi masih belum bersekolah yang ada di Babel," jelasnya.

BACA JUGA:Bunda PAUD Basel Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Satuan Pendidikan

BACA JUGA:Guru TKIT Toboali Ini Wakili Babel Lomba Pembuatan Alat Peraga PAUD Tingkat Nasional

Dikatakannya, melihat dari data tersebut, rata - rata anak usia sekolah ini belum mencapai 50 persen untuk bersekolah. Maka dari itu perlu peran serta para bunda PAUD baik dari desa maupun kecamatan agar lebih proaktif memberikan edukasi bagi masyarakat.

"Jadi kami berharap pada tahun 2024 mendatang khususnya di Kabupaten Basel, bagi anak - anak yang sudah memasuki usia sekolah ini agar bisa bersekolah, mengingat program pendidikan gratis ini juga merupakan intruksi langsung dari pak Bupati," ucapnya.

"Semua anak mempunyai hak yang sama, mereka wajib bersekolah dan sekali lagi saya katakan sekolah itu gratis," tambah Elfan. (*)

BACA JUGA:Mulai Besok, PAUD, SD, SMP se Basel Libur, Masuk Senin Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: