Bunda PAUD Basel Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Satuan Pendidikan

Bunda PAUD Basel Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Satuan Pendidikan

Pembukaan Diklat Guru PAUD Basel -Ilham -

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dalam mendukung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bunda PAUD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendukung jurikulum merdeka yang digunakan sebagai bahan pendidikan bagi anak-anak yang bersekolah.

Hal ini disampaikan oleh Bunda PAUD Basel Elizia Riza Herdavid dalam acara Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Pemantapan Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) PAUD untuk Satuan Pendidikan PAUD (TK dan KB) bertempat di Gedung Nasional Toboali, Kamis (03/07).

BACA JUGA:Guru TKIT Toboali Ini Wakili Babel Lomba Pembuatan Alat Peraga PAUD Tingkat Nasional

"Kita perlu memberikan pengajaran yang diarahkan untuk membentengi moral anak-anak bangsa yaitu dimulai dengan memberikan pendidikan usia dini yang disesuaikan dengan kondisi dan tuntutan perkembangan zaman saat ini, dan juga Konsep kurikulum merdeka," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini juga sebagai Implementasi penerapan Kurikulum Merdeka, dengan menyusun kurikulum khususnya pada tingkat PAUD, guna mengembangkan kurikulum operasional yang kontekstual dan relevan bagi Satuan Pendidikan.

"Terutama bagi peserta didik dalam mencapai profil pelajar Pancasila dan capaian pembelajaran yang mengacu pada standar kompetensi lulusan, artinya kurikulum ini nantinya berpusat pada peserta didik," terangnya.

BACA JUGA:Mulai Besok, PAUD, SD, SMP se Basel Libur, Masuk Senin Depan

Bunda Elizia menjelaskan bahwa dengan kurikulum tersebut anak-anak dapat sangat nyaman bermain sambil belajar dan juga bertujuan untuk mengasah minat serta bakat anak-anak sejak dini.

"Bukan berarti anak-anak tidak diberi aturan dalam proses belajar namun anak diberikan kebebasan lebih untuk memilih bakat dan cara belajar mereka," tuturnya.

BACA JUGA:Elizia Herdavid Lantik TP PKK Desa & Kecamatan Periode 2022-2028

Dikatakannya, kurikulum ini sangat sesuai diterapkan untuk jenjang PAUD, karena anak-anak sangat nyaman bermain sambil belajar.

"Kurikulum merdeka ini tentunya bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak-anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik," tambahnya.

BACA JUGA:Rumah Aman Anak untuk Mengembalikan Psikologis Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: