Bank Indonesia Prakirakan Ekonomi Babel hingga Akhir Tahun 2023 Terus Membaik

Bank Indonesia Prakirakan Ekonomi Babel hingga Akhir Tahun 2023 Terus Membaik

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung --

Konsumsi Rumah Tangga dan Pemerintah Meningkat

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bangka Belitung hingga akhir tahun 2023 akan terus membaik. 

Hal ini seiring konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah yang diprakirakan juga terus meningkat. 

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Taufik, hal ini sejalan dengan penyelenggaraan event dan MICE oleh Instansi/Kementerian/Lembaga serta perayaan HBKN Nataru yang berlangsung pada triwulan IV 2023 diprakirakan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut. 

BACA JUGA:Diduga Bandar Sabu, Warga Mentok Ditangkap

"Selain itu, hasil survei konsumen Bank Indonesia pada triwulan III 2023 juga menunjukkan keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan (Indeks Ekspektasi Konsumen) berada di level optimis dengan indeks 130,63," ujar Agus dalam keterangan resminya, Selasa (7/11/2023). 

Namun demikian, kata Agus, ketidakpastian global yang masih berlanjut turut berdampak pada permintaan timah sebagai komoditas unggulan berpotensi menahan laju ekspor Babel tahun 2023.

BACA JUGA:Porwil Sumatera : Babel Bertengger di Peringkat 2 , Raih 12 Emas, 9 Perak dan 6 Perunggu

Untuk itu, dia katakan, Bank Indonesia akan terus mendukung pemerintah daerah dan mitra strategis lainnya untuk memperkuat sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru antara lain sektor pertanian, pariwisata, hilirisasi/industrialisasi komoditas unggulan Babel yang berkelanjutan (green economy). 

"Selain itu, pemberdayaan sektor UMKM dan penguatan digitalisasi daerah juga akan terus didorong melalui promosi produk-produk unggulan daerah dan literasi digital antara lain melalui pelaksanaan event strategis Explore Babel 2023, Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah (Fesyar), serta Pekan QRIS Nasional Babel," tutur Agus.

BACA JUGA:Khoiril Cetak Sejarah untuk Babel, Juara 1 MTQH Hifdzil 5 Juz dan Tilawah Putra 

Agus mengatakan, berdasarkan rilis BPS, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bangka Belitung tumbuh 4,01% (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,13% (yoy). 

Menurut Lapangan Usaha (LU), lanjut Agus, sumber pertumbuhan ekonomi didorong oleh Industri Pengolahan, Konstruksi, dan Perdagangan. Sementara itu dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Babel utamanya didorong oleh konsumsi rumah tangga dan investasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: