Nilai Numerasi Siswa Bateng Tertinggal dari Literasi, Pemkab Luncurkan Bahagia Belajar

Nilai Numerasi Siswa Bateng Tertinggal dari Literasi, Pemkab Luncurkan Bahagia Belajar

--

BABELPOS.ID, KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman baru saja meluncurkan slogan semangat membangun pendidikan lebih maju di wilayahnya dengan tagline Bangka Tengah Bahagia Belajar.

"Beberapa waktu lalu kita telah sukses menggelar pelatihan peningkatan numerasi melalui metode Gampang Asyik Menyenangkan (Gasing) dengan Yayasan Indonesia Jaya, melihat kebahagiaan peserta, kita sangat terinspirasi meluncurkan slogan ini," terang Algafry kepada awak media, Selasa (24/10/2023).

BACA JUGA:Ini Para Pemenang Kreasi Tari Festival Kemilau Pesona Basel, Juara 1 dari Bangka

Ia juga menyampaikan bahwa pelatihan peningkatan numerasi sangat penting, karena gap kenaikan skor profil pendidikan tahun 2022 dengan skor capaian raport pendidikan tahun 2023 sangat tertinggal dibandingkan literasi.

"Pemulihan pembelajaran numerasi ini akan menjadi perhatian penuh, karena sangat tertinggal dengan pembelajaran literasi," ujar Algafry.

Dikatakan Algafry, berdasarkan capaian raport pendidikan skor kemampuan literasi jenjang SD di wilayahnya tahun 2023 sebesar 68.04, naik 11.79 dari skor tahun 2022 sebesar 56.25. Kemudian untuk skor kemampuan numerasi jenjang SD tahun 2023 sebesar 48.76, naik 22.15 dari tahun 2022 sebesar 26.61.

BACA JUGA: Tergiur Upah Rp500 Ribu, Pemuda Gabek Nekat Jadi Kurir Sabu

"Sedangkan capaian raport pendidikan skor kemampuan literasi jenjang SMP tahun 2023 sebesar 78.08, naik 5.33 dari skor tahun 2022 sebesar 72.75. Kemudian untuk skor kemampuan numerasi jenjang SMP tahun 2023 sebesar 53.81, naik 6 dari tahun 2022 sebesar 47.81," terangnya.

Algafry menuturkan untuk melakukan penguatan literasi dan numerasi di sekolah, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, baik ditingkat pusat maupun daerah.

"Pemkab juga telah menjalankan program bantuan perlengkapan kepada siswa-siswi berupa peralatan sekolah dan buku tulis untuk memperluas layanan pendidikan," tuturnya.

BACA JUGA:Bulan November, Distangan Bangka Barat Gelar GPM di Kecamatan Mentok

Kata Dia, Bangka Tengah Bahagia Belajar terwujud dari program-program peningkatan sarana prasarana pendidikan dengan penambahan unit-unit sekolah baru untuk mendekatkan masyarakat terhadap layanan pendidikan.

"Tentunya Bangka Tengah Bahagia Belajar dapat terwujud dengan bantuan semua pihak dan mari kita bentuk suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa," imbuhnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: