Congrats... Pemkab Bangka Lolos Kompetisi Inovasi Tingkat Dunia

Congrats... Pemkab Bangka Lolos Kompetisi Inovasi Tingkat Dunia

Bupati Mulkan saat menerima penghargaan atas salah satu inovasi Pemkab Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bangka mengukir sejarah baru dengan terpilihnya inovasi tematik Pengelolaan Ekosistem Laut dalam ajang bergengsi inovasi tingkat dunia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh United Nation of Public Servive Awards (UNPSA) 2024 di bawah kelembagaan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Inovasi ini merupakan inisiatif kolaboratif pentahelix Pemerintah Kabupaten Bangka, dunia usaha, perguruan tinggi, komunitas, media massa, dan masyarakat.

Kabupaten Bangka akan mewakili Indonesia ikut serta dalam the United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan tiap tahun. Rencananya, sebanyak 11 inovasi pelayanan publik akan diajukan dalam ajang penghargaan tingkat internasional.

BACA JUGA:Selamat... Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Top 15 & Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik

Inovasi Kabupaten Bangka sebelumnya terpilih sebagai top inovasi terpuji dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia setelah berkompetisi dengan 21.135 inovasi yang diusulkan oleh seluruh kabupaten/provinsi/lembaga/BUMN/BUMD/Kementerian di Indonesia.

Inovasi yang diikutsertakan dalam ajang internasional ini harus memenuhi indikator penilaian yang sangat ketat, yakni sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/TPB).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui unit Deputi bidang Pelayanan Publik memberikan pendampingan dan bimbingan penyusunan proposal kepada sebelas inovasi pelayanan publik agar inovasi-inovasi yang akan diajukan dapat menyesuaikan indikator penilaian dalam UNPSA 2023.

BACA JUGA:Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional, Bappeda Bangka Presentasi Finalis T0P 99 & TOP 15

Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH mengapresiasi luar biasa atas capaian prestisius ini karena inovasi Kabupaten Bangka telah berhasil menembus level dunia.

“Saya berharap keikutsertaan Kabupaten Bangka di ajang kompetisi inovasi dunia UNPSA 2023 ini dapat memberikan hasil terbaik. Penghargaan UNPSA merupakan penghargaan bergengsi internasional dan paling prestisius dalam bidang pelayanan publik yang diselenggarakan PBB," jelas Mulkan, SH, MH.

BACA JUGA: 247 Inovasi Bangka Perlu Disosialisasikan

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.IP, M.Tr.IP mengungkapkan capaian ini merupakan bentuk keberhasilan dalam menciptakan iklim dan budaya inovasi yang kuat dan berdampak tinggi.

“Capaian ini merupakan indikator bahwa Kabupaten Bangka telah memiliki iklim dan budaya inovasi yang teruji dan terbukti mampu bersaing di level dunia. Kami mengapresiasi luar biasa atas capaian ini dan memberikan penghargaan atas kerja keras dan kerja cerdas," jelas Syahbudin, S.IP, M.Tr.IP.

BACA JUGA:Puskemas Baturusa Kenalkan Inovasi Soltan, Permudah Layanan Survei PHBS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: