12 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Sukses Turunkan Bendera di Upacara HUT ke-78 RI

12 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Sukses Turunkan Bendera di Upacara HUT ke-78 RI

12 Warga Binaan Saat menjadi petugas upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 --

BABELPOS.ID,PANGKALPINANG - Sebanyak 12 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pangkalpinang menjadi petugas penurunan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78, Kamis (17/8/2023). 

Upacara yang berlangsung di lapangan upacara halaman blok hunian Lapas Kelas IIA Pangkalpinang ini pun berjalan khidmat dan sukses. 

Mengenakan pakaian layaknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), belasan warga binaan itu tampak serius menjalankan tugasnya sebagai petugas penurunan bendera merah putih. 

BACA JUGA:938 Napi di Babel Dapat Remisi HUT RI

Kasi Pembinaan Lapas Pangkalpinang, Adam Ridwansyah mengatakan, 12 warga binaan ini merupakan siswa Pada Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman Lapas Pangkalpinang. 

Kata Adam, sebelumnya belasan warga binaan tersebut telah dilatih sebagai Paskibra untuk melaksanakan tugas penurunan bendera pada peringatan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia

BACA JUGA:Dedek, Leo, Ichan dan Aminudin Senang Dapat Remisi Langsung Bebas saat HUT RI, Janji Berkelakuan Baik di Masya

"12 orang WBP ini telah terpilih mewakili rekan-rekannya untuk menjadi anggota Paskibra dan kami sudah melaksanakan 16 kali latihan, diawali melatih baris berbaris sampai dengan membentuk formasi penurunan bendera,” kata Adam yang juga sekaligus selaku Kepala Sekolah PKBM Pengayoman Lapas Pangkalpinang kepada Babel Pos usai upacara. 

Adam mengaku, awalnya cukup kesulitan melatih belasan warga binaan tersebut karena masih ada yang baru pertama kali bergabung dan belum banyak menguasai tehnik dasar baris berbaris. Selaku pembina, dirinya pun tak menyangka para warga binaan tersebut sukses menurunkan bendera. 

"Jadi mereka ini total latihannya hanya 17 kali dan alhamdulillah berjalan dengan lancar seperti pada saat upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan oleh para pegawai Lapas Pangkalpinang," ujar Adam. 

BACA JUGA:Siapkan Bonus Rp35 Juta Bagi Peraih Emas, Algafry Lepas Kontingen Bangka Tengah pada PORPROV 2023

Senada Kalapas Pangkalpinang Badarudin menjelaskan, WBP yang dibina dan dilatih sebagai Paskibra bertujuan agar dapat melatih diri bersikap disiplin dengan jadwal latihan yang telah ditentukan.

Selain kedisiplinan, lanjutnya, WBP dapat diarahkan mengatur waktu sebaik-baiknya, karena WBP juga wajib mengikuti program pembinaan kerohanian, pembinaan kemandirian dan program pembinaan lainnya.

“Membiasakan mereka agar bisa  bersosialisasi, berkomunikasi dan dapat bekerjasama dengan rekan-rekannya satu tim. Karena jika satu orang saja salah gerak atau langkah maka satu tim akan salah semua," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: