Duh, di Tengah Sawah Rias Ada Tambang Timah

Duh, di Tengah Sawah Rias Ada Tambang Timah

Camui tambang timah ilegal di tengah persawahan Desa Rias Toboali.-Ilham -

BABELPOS.ID, TOBOALI - Hamparan hijau sawah Desa Rias Toboali terlihat janggal. Pasalnya dari jauh di tengah sawah terlihat kecoklatan seperti lubang. Didekati, ternyata ada lubang besar. Camui tambang timah ilegal.

Berada di tengah sawah, tambang tersebut berbatasan langsung dengan petak sawah yang sedang subur menghijau. Para penambang membatasi lubang camui dan sawah dengan terpal biru untuk menahan luapan lumpur.

BACA JUGA:Pekerja Tambang Tewas di Laut Sukadamai

Salah satu pemilik sawah di samping tambang tersebut, Erwanto (45) menyebutkan, bahwa tambang tersebut beroperasi siang dan malam.

"Tentu ditakutkan produktifitas padi menurun, hasil panen juga berpengaruh, bahkan kalau sampai masuk ke areal persawahan pertumbuhan padi tidak bisa maksimal," ujarnya, Kamis (20/07).

BACA JUGA:Tinjau Sawah Desa Rias, Dandim Berharap Jadi Lumbung Beras Bangka Belitung

Ketua Poktan Tanjung Batu Allen Rudi Saragih (61) mengatakan, hampir 2 tahun para petani mengeluhkan adanya aktifitas tambang di tengah tengah sawah tersebut.

Bahkan dia sudah berulang kali melaporkan aktifitas ini ke pihak Dinas Pertanian Basel, pihak kepolisian. "Tetapi masih saja beraktifitas," ujarnya.

BACA JUGA:Tambang Ilegal Rambah Gunung Tagen

Akibat aktifitas tambang tersebut, kini di tengah areal persawahan terdapat lubang besar menganga dengan kedalaman 5 meter lebih. Beberapa kali terjadi longsor di sekitar lubang tersebut. 

Yang semakin membuat para petani gusar, ketika hujan lumpur limbah tambang naik ke atas dan mengalir ke persawahan, sehingga tanaman padi jadi kurang produktif.

"Aktifitas tambang ini juga pernah ditindak tetapi kembali lagi aktifitas siang hingga malam," tuturnya.

BACA JUGA:Bupati Basel Tegaskan Sikap Soal Tambang Ilegal, Riza: Tidak Ada Kompromi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: