Angin Segar Bagi Petani Sawit, Harga TBS Merangkak Naik

Angin Segar Bagi Petani Sawit, Harga TBS Merangkak Naik

Risvandika -Ilham -

BABELPOS.ID, TOBOALI - Angin Segar bagi para petani di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Pasalnya selama dua pekan ini harga Tandan Buah Segar (TBS) mulai merangkak naik.

Kenaikan harga TBS ini mulai terjadi pada pekan ke 2 bulan Juli 2023 ini dan terus merangkak naik.

BACA JUGA:DPPP Basel Bangun 18 Ruas JUT di Desa Tanjung Sangkar

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (DPPP) Basel Risvandika menyampaikan, pekan kedua Juli 2023 ini terjadi kenaikan harga TBS, meski tidak begitu signifikan.

"Kenaikan TBS ini dikisaran Rp 70 per kilogram," ungkapnya, Rabu (12/07).

BACA JUGA:32 Tambak Udang di Basel Belum Miliki IMB

Dikatakan Risvandika, pada pekan pertama Juli 2023 harga TBS di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) berada di harga yakni Rp1.760 per kilogram. Namun per tanggal 7 Juli 2023 kemarin, harga TBS berada pada Rp1.830 per kilogram. 

PKS PT. Bumi Sawit Sukses Pertama (BSSP) di Kecamatan Simpang Rimba harga TBS Tenera berada pada harga Rp1.830 per kilogram. Sedangkan TBS Dura lebih murah Rp408 atau harga beli hanya Rp1.422 per kilogram.

BACA JUGA:Aik Bakung ke Desa Trans Sumber Jaya Permai, Bupati Riza Dapat Aspirasi Ini

Sementara itu di PKS PT. Mentari Sawit Makmur (MSM) Desa Ranggas, lebih murah Rp30. Harga beli TBS jenis Tenera maupun Dura sama-sama dipatok Rp1.800 per kilogram. 

"TBS Tenera adalah tipe sawit unggul untuk komersial, sedangkan TBS Dura yakni induk betina dari sawit hibrida," jelasnya.

BACA JUGA:DPPP Pastikan Hewan Ternak di Basel Bebas PMK

Sementara itu, harga beli TBS dari para pengepul yang diambil di lokasi perkebunan milik petani, juga mengalami kenaikan mencapai Rp50 – Rp100 per kilogram. Saat ini harga beli dari para petani berada pada rentang Rp1.450 – 1.550 per kilogram.

"Untuk harga dari pengepul sendiri Rp1.450 sampai Rp1.550 per kilogramnya,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: