DPPP Pastikan Hewan Ternak di Basel Bebas PMK

DPPP Pastikan Hewan Ternak di Basel Bebas PMK

Salah satu peternakan sapi di Basel.--Ilham

BABELPOS.ID. TOBOALI - Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) memastikan menjelang Iduladha hewan ternak di Basel bebas dari Penyakit Mulut Kuku (PMK).

Kepala bidang Peternakan Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (DPPP) Basel, Nurudin menegaskan, hewan ternak sapi yang tersebar di Basel saat ini sudah bebas dari PMK.

Menurutnya beberapa rumah ternak sapi di Basel tidak ditemukan adanya sapi yang terjangkit penyakit.

"Kita bersama tim berupaya memberikan vaksin ke beberapa rumah hewan tersebut," ungkapnya, Selasa (16/05).

BACA JUGA:Bupati Serahkan Sapi Qurban dari Presiden Jokowi

Diketahui pada pertengahan tahun 2022 silam terdapat 432 sapi terjangkit PMK, namun hampir semua sapi tersebut sembuh dari PMK.

"Tahun 2022 lalu 432 sapi terjangkit PMK, dengan rincian 430 sapi sembuh dan 2 ekor sapi mati akibat PMK ini," tuturnya.

Dikatakan Nurudin, sejak September 2022 hampir tidak ada lagi ternak sapi yang terjangkit penyakit. Namun demikian pihak DPPP Basel tetap menghimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan dan sanitasi kandang.

"Kendati sudah tidak ada lagi terjangkit PMK untuk hewan sapi, kebersihan sanitasi kandang juga wajib diperhatikan oleh peternak," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Salurkan 71 Ekor Hewan Kurban ke 50 Desa & 3 Kelurahan

Para peternak juga diimbau berhati hati saat mendatangkan sapi dari luar daerah, agar tidak tertular PMK dari luar.

"Kami tetap melakukan vaksinasi hewan, menyemprotkan desinfektan, melakukan pemeriksaan pada hewan hingga lalu lintas hewan ternak pun dijaga secara ketat," ujar Nurudin.

Mengantisipasi kejadian serupa DPPP Basel juga akan bekerja sama dengan Balai Karantina Dinas Pertanian Kota Pangkapinang untuk pengawasan dan penjagaan arus lalu lintas hewan ternak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: