Pahami Bagaimana Cara Kerja Gratis Ongkir dan Strateginya dari Blibli Saat Belanja Online

Pahami Bagaimana Cara Kerja Gratis Ongkir dan Strateginya dari Blibli Saat Belanja Online

Blibli -Ist-

BABELPOS.ID - Saat berbelanja secara online, seringkali Anda menggunakan sistem gratis ongkir. Gratis ongkir memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda yang suka belanja online agar lebih hemat dalam berbelanja.

Belanja secara online di Blibli memberikan Anda beragam keuntungan seperti salah satunya adalah gratis ongkir. Lantas, tahukah Anda seperti apa acara kerja gratis ongkos kirim tersebut?

Apa Itu Gratis Ongkir?

Ongkos kirim atau biasa disingkat ‘ongkir’, merupakan biaya pengiriman barang dari pihak penjual ke pembeli. Biasanya, biaya ini dibebankan kepada pembeli barang. Selain itu, ongkos kirim juga biasanya berlaku untuk pengiriman dengan menggunakan kendaraan.

Saat Anda belanja dengan barang yang dikirim melalui ekspedisi, biasanya Anda akan mencari toko atau penjual yang memberikan gratis ongkir. Kalaupun tidak sepenuhnya gratis, setidaknya pembeli tidak perlu membayar terlalu mahal. Besaran ongkos kirim biasanya dihitung dari berat dan dimensi barang yang dibeli.

Pada transaksi online seperti melalui e-commerce, penjual akan membebankan biaya pengiriman barang kepada pembeli. Jadi, ketika pembeli melakukan pembayaran untuk barang yang dibelinya, harga tersebut sudah ditambah dengan ongkos pengiriman barang.

Strategi Gratis Ongkir Pada Bisnis Online

Adanya penawaran gratis ongkir tentu akan membuat konsumen menjadi senang. Promo ini memberikan banyak sekali pelanggan baru dan produk bisa menjadi lebih cepat habis terjual. Lantas, seperti apa strategi gratis ongkir pada bisnis online?

1. Tetap Menjaga Kualitas Produk

Adanya gratis ongkir bukan satu-satunya faktor membuat bisnis Anda laku di pasar. Tetapi, akan lebih baik jika gratis ongkir ini disebut sebagai bonus, sehingga Anda tidak akan kehilangan daya kreativitas Anda dan tidak hanya memperoleh keuntungan sesaat saja.

Jika Anda penjual yang memberikan gratis ongkir kepada pembeli, alangkah baiknya Anda tetap memperhatikan kualitas produk, pelayanan yang baik, kemasan yang menarik, dan juga meningkatkan review pembeli yang baik.

2. Tentukan Jenis Produk

Ketika Anda menjual banyak jenis produk dalam satu toko yang sama, Anda tidak perlu menerapkan gratis ongkir pada semua jenis produk yang Anda jual. Anda bisa memilih jenis produk tertentu untuk diterapkan gratis ongkir.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian. Anda hanya perlu menerapkan gratis ongkir pada sejumlah produk tertentu, sementara produk lainnya bisa diterapkan potongan harga saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: