Sering Lelah, Mungkin Karena 9 Penyebab Ini, Cek Solusinya

Sering Lelah, Mungkin Karena 9 Penyebab Ini, Cek Solusinya

Ilustrasi lelah--Ist

3. Infeksi

Seseorang dapat menunjukkan gejala kelelahan saat tubuhnya melawan infeksi virus atau bakteri. Infeksi mulai dari flu hingga HIV dapat menyebabkan kelelahan.

Selain kelelahan, gejala lain seperti demam, sakit kepala, nyeri tubuh, sesak napas, dan kehilangan nafsu makan juga dapat menyertai infeksi. Mengobati gejala dan istirahat yang cukup membantu pemulihan lebih cepat.

4. Alergi makanan

Kelelahan mungkin merupakan tanda peringatan dini dari alergi makanan yang tersembunyi dan gangguan autoimun seperti penyakit celiac. Mengidentifikasi alergen menggunakan tes alergi makanan atau melalui diet eliminasi dapat membantu dalam pengobatan alergi.

BACA JUGA:Selain Syahadat Ala Al Zaytun Beda, Santriwati Juga kafirkan Ibu Kandung

5. Diabetes

Seseorang dengan diabetes mengalami perubahan kadar gula darah yang dapat menyebabkan kelelahan. Seorang pasien yang sudah menjalani pengobatan diabetes juga dapat mengalami kelelahan sebagai efek samping dari pengobatan.

Identifikasi dini dan melakukan pengobatan yang tepat adalah kunci untuk mengelola diabetes. Menurunkan berat badan ekstra dan melakukan diet sehat juga membantu dalam perawatan.

6. Tiroid

Penyakit tiroid dapat disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif. Pada orang yang memiliki tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), metabolisme melambat yang menyebabkan gejala seperti kelesuan dan kelelahan. Pada orang dengan tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), metabolisme menjadi cepat menyebabkan kelelahan dan sulit tidur.

Pilihan diet dan gaya hidup yang tepat, bersama dengan obat-obatan, dapat membantu dalam manajemen tiroid.

BACA JUGA:Kapolda Dukung Usut 'Maling Besar', Dimulai dari Selidiki Tipikor RSUP

7. Penyakit jantung

Jika kini merasa lelah atas aktivitas yang dulunya mudah, maka ada baiknya memeriksakan kesehatan jantung karena kelelahan bisa menjadi indikasi penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: